Facebook Resmi Buka Kantor Cabang di Indonesia

Logo Facebook
Sumber :
  • pandasecurity.com

VIVAnews - Facebook, situs jejaring sosial ternama dan dengan jumlah pengguna nomor satu di seluruh dunia, kini telah resmi membuka kantornya di Indonesia. Hal tersebut terungkap dari pernyataan yang disampaikan oleh Wakil Presiden Facebook Asia Pasifik Dan Neary yang datang berkunjung ke kantor Wakil Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota, Kamis, 20 Maret 2014.

"Hari ini adalah hari yang sangat menggembirakan bagi Facebook karena kami membuka kantor kami di Indonesia. Kami menyampaikan kabar baik tersebut pada bapak wakil gubernur," kata Dan.

Untuk lokasi kantornya, Facebook memilih Mal Pacific Place yang terletak di Kawasan Bisnis Terpadu Sudirman (SCBD) di daerah Jakarta Selatan, "Kantor kami di Pacific Place. Dibuka hari ini," ujarnya.

Ditanya tentang alasan Facebook membuka kantor perwakilannya di Indonesia, Dan mengatakan bahwa Indonesia merupakan sebuah pasar yang istimewa bagi Facebook.

"Indonesia adalah pasar keempat terbesar bagi kami. Kami punya 65 juta pengguna di Indonesia," ujar Dan.

Dan mengatakan, saat ini merupakan kesempatan emas bagi UKM, swasta dan pemerintah untuk mulai menggunakan fitur-fitur jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut dalam menjalankan usaha atau pekerjaannya. Ia mengatakan sekarang adalah waktu yang tepat bagi Facebook untuk mulai berinvestasi di pasar Indonesia.

Purnawirawan TNI Asep Adang Laporkan Pengemudi Fortuner Arogan yang Pakai Pelat Mobil Dinasnya

"Ini merupakan kesempatan besar bagi UKM. Masih banyak kesempatan untuk bekerja sama dengan pemerintah dan pihak swasta. Kami pikir ini adalah saat yang tepat untuk berinvestasi di Indonesia dan melanjutkan untuk tak hanya membantu meningkatkan keterhubungan antar warga Indonesia tapi juga antar perusahaan," ujar Dan.

Senada dengan visi salah satu program CSR Facebook untuk membawa koneksi internet kepada seluruh penduduk dunia, Facebook Indonesia pun memboyong misi tersebut. "Kami juga akan fokus pada 80 persen penduduk yang belum terkoneksi ke internet," ujarnya.

Menurut dia, Facebook telah merekrut orang-orang Indonesia untuk bekerja di kantor barunya tersebut. "Kami sudah merekrut orang-orang lokal," ujarnya.

Hanya saja Dan mengaku belum bisa mengungkapkan berapa jumlah pastinya. "Kami tidak bicara angka secara spesifik. Tapi kami sedang merekrut banyak orang lokal," ujar Dan.

Facebook dan Pemilu

Pembukaan kantor Facebook di Indonesia ini bertepatan dengan pelaksanaan hajatan besar pesta demokrasi Pemilihan Umum yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali.

Apes, Pelaku Curanmor di Medan Ditangkap Polisi Karena Ketahuan Jual Motor Curian di Medsos

Di tahun ini rakyat Indonesia akan melakukan Pemilihan Umum yang terdiri dari Pemilihan Legislatif (Pileg) pada tanggal 9 April, serta Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tanggal 9 Juli nanti.

Ditanya tentang manfaat yang bisa Facebook berikan pada pesta demokrasi ini, Dan mengatakan bahwa Facebook akan memberikan suatu cara berinteraksi yang baru antara konstituen dan pemilihnya.

"Saya rasa yang Facebook sediakan adalah kesempatan untuk berinteraksi dengan konstituen atau pemilih dengan cara yang sebelumnya tidak bisa dilakukan. Sekarang kita tidak hanya punya cara yang baik dalam berkomunikasi tapi juga komunikasi dua arah," ujar Dan.

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

Dan juga mengungkapkan bahwa Facebook merasa senang karena sudah ada peserta dan kandidat-kandidat dalam Pemilu 2014 yang sudah memanfaatkan Facebook untuk berkampanye.

Facebook adalah jejaring sosial yang dibangun oleh Mark Zuckerberg dan rekan-rekannya pada tahun 2004 saat mereka sedang berkuliah di Universitas Harvard, Amerika Serikat.

Hingga tahun 2014, situs jejaring sosial ini sudah memiliki 1,23 miliar pengguna di seluruh dunia. Selain di Jakarta, Facebook juga telah membuka kantor cabangnya di beberapa kota besar lain di dunia seperti di Dublin, Tokyo, Seoul, Milan, London, dan Singapura. Kantor pusat Facebook sendiri berada di Palo Alto, negara bagian California, Amerika Serikat. (eh)

Laporan: Fajar Ginanjar Mukti | Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya