Ditanya Soal Tuhan, Ini Jawaban Bill Gates

Bill Gates
Sumber :
VIVAnews -
CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang
Pendiri Microsoft, Bill Gates, masih menjadi orang terkaya di dunia versi Forbes. Meski tumbuh sebagai seorang penggiat teknologi, Gates dikenal sangat sosial. Dia diketahui banyak menyumbangkan hartanya untuk kegiatan filantropi.

Peremajaan Sawit Jauh dari Target, Airlangga: Hanya 50 Ribu Hektare per Tahun

Bahkan, Gates bersama istrinya, Melinda Gates mendirikan yayasan khusus untuk sosial, Bill and Melinda Gates Foundation.
Kasus DBD Melonjak Tajam di Jakarta, Dinkes DKI Ungkap Penyebabnya


Terkait dengan kegiatan sosial, Gates mengaku itu banyak dipengaruhi oleh nilai agama. Menurutnya, nilai agama membuatnya ingin lebih berbuat baik dan berbagi pada sesama.


"Saya pikir sistem moral agama itu sangat penting. Anak-anak kami pergi ke gereja seperti yang saya lakukan bersama istri. Karena itu, saya berutang untuk mencoba dan mengurangi ketimpangan di dunia. Ini semacam keyakinan agama, setidaknya keyakinan moral," ujar Gates pada
Rolling Stones,
Senin 17 Maret 2014.


Saat ditanyai tentang keberadaan Tuhan, Gates pun tak memungkirinya. Banyak misteri di dunia ini yang tidak bisa atau belum dijelaskan. Menurutnya, hal itu menjadikan manusia harus percaya dengan kekuatan Tuhan.


"Saya setuju bahwa manusia perlu mitos penciptaan. Sebelum mengenal apa yang disebut penyakit atau cuaca, kita mempunyai penjelasan yang salah. Kini semuanya bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan, yang sebelumnya sudah dijelaskan lebih dulu oleh agama," tutur Gates.


Namun, dia tidak memungkiri bahwa ilmu pengetahuan pun ada batasannya. Sebab, masih banyak misteri di dunia yang belum terungkap, dan ilmu pengetahuan tak mampu menjawabnya.


"Tapi, misteri dan keindahan dunia ini sangatlah menakjubkan, dan tidak ada penjelasan ilmiah tentang bagaimana hal itu terjadi. Jika Anda mengatakan semua hasil dari sebuah hal yang kebetulan, itu bukan pandangan yang bijak. Sangat masuk akal untuk meyakini keberadaan Tuhan," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya