Intip Ruangan yang Melahirkan Internet

Ruangan kecil di kampus University of California Los Angeles
Sumber :
  • gizmodo
VIVAnews - Internet telah menjadi bagian kehidupan saat ini. Banyak manfaat yang bisa dilakukan dengan internet.  Tapi pernahkan Anda tahu sejarah kemunculan internet pertama kali. Masih tak terpikirkan?
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Tonggak bersejarah itu dimulai dari ruangan kecil di kampus University of California Los Angeles (UCLA), tepatnya ruangan 3420 Boelter Hall.
Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Peralatan internet pertama itu juga sangat jadul, misalnya router-nya melebihi tinggi badan manusia, tak terbayangkan router sebesar itu. Pun demikian dengan perangkat komputer, yang besarnya seperti lemari es.
5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Melansir Gizmodo, Kamis 6 maret 2014, ruangannya memang tak begitu luas, beroramen dinding hijau, lantai linoleum yang sudah mulai lecet. Linoleum merupakan bahan penutup lantai, terbuat dari minyak biji flax (linseed oil) yang dicampur dengan tepung kayu atau serbuk gabus dan direkatkan pada media berbahan dasar dari kain berserat kuat atau kanvas.

Bak laboratorium pada masa itu, juga terdapat papan tulis tradisional, yang tertera coretan yang mengisahkan jaringan komputer saat itu. 

Tapi dari ruangan sederhana inilah, pertama kalinya simpul jaringan komputer Kementerian Pertahanan AS, Advanced Research Projects Agency atau ARPANET terinstal, dan protokol komunikasi didirikan.

Kemudian pesan pertama terkirim melalui jaringan ARPANET ke simpul lain di Stanford University. Ini sekaligus menandai lahirnya internet.

"Berapa banyak revolusi yang dapat Anda dapat lihat, dari mana internet dimulai. Mesin ini merupakan lahirnya internet, di sini munculnya kata pertama di internet," ujar Leonard Kleinrock, ahli ilmu komputer Kleinrock Center for Internet Studies.

Lembaga tempat Klienrock bernanung itu kini menjalankan beberapa proyek riset serta mengelola ruangan bersejarah itu. 

Kleinrock mengisahkan, usai ia lulus dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), ia mengaku turut terlibat dalam pengembangan lahirnya internet pertama.

Disebutkan untuk mengembangkan jenis jaringan komputer baru, ARPA memerintahkan tim insinyur Bolt Beranek and Newman (BBN) untuk membangun mesin Interface Message Processor (IMP), untuk sekarang dikenal dengan router, yang ditempatkan pada simpul pertama dari jaringan UCLA. Kleinrock terlibat dalam tim ini. Tampak IMP berukuran lebih tinggi dari manusia.

Kemudian pada 29 Oktober 1969, tim berkumpul di ruangan 3420 untuk mencoba mengirim pesan pertama, "Login", ke Standford Research Institute. Tim berhasil mengirim dua huruf pertama, "LO" namun akhirnya sistem mati. Sejam kemudian dicoba kembali dan berhasil. 

Pada Desember 1969, simbul jaringan komputer sudah kian berkembang. Simpul secara permanen telah dipasang di UCLA, Stanford Research Institute , University of Utah dan University of California di Santa Barbara.

Kemudian berkembang pada 1975 terdapat 57 IMP dan pada 1981 sudah ada 213 IMP. Dan untuk saat ini kini tinggal 2 IMP pada ruangan bersejarah itu. IMP diganti dengan teknologi lain yang lebih bagus. 

Pada 1972, jaringan komputer ini makin banyak digunakan. Tercatat pada masa itu 75 persen trafik ARPANET ialah email.

Rungan 3420 saat ini masih mempertahankan peralatan yang mendukung lahirnya internet pertama kali. Misanya 7 komputer SDS Sigma, komputer seukuran kulkas, masih terpampang menjadi saksi sejarah. 
 
Terdesak renovasi

Meski mempunyai nilai sejarah, ruangan 3420 terkena rencana renovasi gedung. Disebutkan pada 2011, setengah ruang direlakan untuk menjadi laboratoirum komputer bagi mahasiswa saat ini. Direktur ruangan saat itu bersikeras meyakinkan kepada pihak universitas nilai penting ruangan bersejarah itu. 

Beruntung, hampir semua perabot era bersejarah itu diselamatkan pada kantor gudang UCLA maupun tempat lain.

Kleinrock mengaku sangat detail menjaga ruangan itu. Bahkan ia mengaku tak pernah mengambil foto ruangan. 

"Pekerjaan awal kami yaitu mendapatkan komputer berbicara dengan komputer lain atau kepada orang. Yang tidak kami antisipasi yaitu pembicaraan orang ke orang. Nyatanya pada tahun berikutnya trafik email mencapai 75 persen," ujarnya. 

Meski perangkat internet pertama itu berhubungan dengan perangkat pertahanan, Kleinrock mengatakan saat itu tidak membatasi penggunaan teknologi itu. 

"Tidak ada larangan, jika Anda ingin menggunakannya anda bisa datang. Kami percaya semua orang dan mengetahui setiaporang sampai akhir 1980-an. Masyarakat terbuka dan lingkungan bersama mendukung pembangunan itu," kata dia. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya