Warga China Dilarang Plesiran ke Luar Angkasa

Virgin Galactic.
Sumber :
  • Bill Deaver/Deaver-Wiggins and Associates

VIVAnews - Tak sabar mau melihat Bumi dari ruang hampa? Tak lama lagi, mimpi semua orang yang ingin ke luar angkasa bisa terwujud. Tidak perlu jadi astronot, cukup jadi penumpang.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI


Baru-baru ini, Virgin Galactic telah mengumumkan harga tiket resmi bagi siapapun yang ingin plesiran ke luar angkasa. Harga satu tiketnya US$250.000, setara Rp3 miliar. Kalau Anda sanggup, silahkan saja.

Kecuali jika Anda warga kebangsaan China. Hampir 700 calon penumpang sudah melakukan reservasi untuk tamasya bersama pesawat roket SpaceShipTwo, namun khusus warga China akan diuangkan kembali.

Laporan terkait ditolaknya warga China sebagai penumpang SpaceShipTwo berhembus pertama kali di Hong Kong. Harian South China Morning Post mengutip Winnie Chan, seorang perwakilan Travel Miramar, calon pembeli dengan paspor China ditolak mentah-mentah.

Tanpa pengecualian. Warga China yang sudah mendapatkan green card AS atau terdaftar di paspor Hong Kong pun tetap ditolak. Apa alasannya?

Juru bicara Virgin Galactic, Christine Choi memberikan pernyataan via e-mail pada NBC News pada Jumat, 31 Januari 2014, bahwa larangan tersebut di bawah persyaratan rezim pemerintah federal bagian kontrol ekspor, atau dikenal dengan International Traffic in Arms Regulations (ITAR).

Regulasi tersebut ditujukan untuk membendung aliran teknologi senjata yang diimpor China serta negara-negara lain seperti Kuba, Iran, dan Korea Utara.

"Sistem Virgin Galactic berada di bawah pengawasan ITAR oleh pemerintah AS. Virgin Galactic hanya mematuhi aturan dan surat kontrol ekspor AS, dan saat ini memilih untuk tidak menerima deposit dari negara-negara yang tidak tunduh pada aturan ekspor AS dan regulasi terkait," papar Choi dalam pernyataannya.

Pesawat roket akan menjalankan uji coba penerbangan dan diharapkan dapat memulai tur ruang suborbital pada awal tahun ini.

VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024