Bantu NSA, Situs Angry Birds Diserang Hacker

Angry Birds Star Wars
Sumber :
  • mashable.com
VIVAnews -
Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack
Bereaksi terhadap pengawasan Badan Keamanan Nasional (NSA) dan mitra intelijen asal Inggris, GCHQ, yang diduga memanfaatkan data pengguna game populer Angry Birds, sekelompok peretas
(hacker)
Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
mengubah tampilan game Angry Birds menjadi 'Spying Birds'.

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024
Beberapa yang coba mengakses laman resmi www.angrybird.com kemarin, secara mengejutkan mendapatkan tampilan Angry Birds berubah menjadi 'Spying Birds'.
Karakter burung Angry Birds distempeli simbol NSA pada kepalanya, dilansir
PCWorld,
Kamis 30 Januari 2014.


Perubahan tampilan halaman situs itu merupakan hasil serangan pada DSN (
Domain Name System
), di mana nama server situs itu telah berhasil ditukar di bawah kendali peretas.


"Perubahan tampilan situs terjadi dalam hitungan menit dan dibetulkan dengan segera. Data pengguna tidak berada dalam risiko," jelas Saara Bergström, Wakil Presiden Komunikasi Pemasaran Rovio Entertainment, perusahaan yang mengembangkan game Angry Bird.


Bergström menambahkan, serangan itu mirip dengan serangan yang melanda
New York Times
tahun lalu.


"Rovio tak mengizinkan pihak ketiga untuk mengambil dan memanfaatkan data personal pelanggan dari aplikasi besutan Rovio," ujar dia meyakinkan pelanggan.


Rovio menduga perubahan tampilan situs itu berasal dari jaringan iklan pihak ketiga yang digunakan jutaan aplikasi mobile dan situs komersil di semua industri.


Pengawasan Angry Birds muncul dalam bocoran dokumen mantan kontraktor NSA, Edward Snowden. NSA dan mitranya diketahui mengumpulkan data pengguna melalui aplikasi mobile, salah satunya game Angry Birds yang telah diunduh 1,7 miliar seluruh dunia.


NSA juga mengawasi pengguna melalui data lokasi, alamat e-mail, daftar teman, dan panggilan telepon dari aplikasi mobile. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya