VIDEO: Supermoon Diprediksi Muncul 30 Januari 2014

Supermoon
Sumber :
  • REUTERS/Ali Jarekji

VIVAnews – Fenomena bulan super atau supermoon dikemukakan pertama kali oleh astrolog Richard Nolle pada tahun 1979. Istilah supermoon digunakan untuk menggambarkan kondisi bulan penuh pada jarak terdekat dengan bumi, sekitar 10 persen dari jarak lintasannya dengan bumi.

Pada jarak dekat itu, bulan tampak lebih besar dan terang. Supermoon pertama kali menjadi perhatian pada tahun 1955. Tahun ini, supermoon diprediksi terjadi pada 30 Januari 2014, dan akan terlihat sempuarna di wilayah Indonesia pada 31 Januari 2014.

Lihat .

Dalam perkembangannya, fenomena supermoon sering dikaitkan dengan bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, dan banjir. Ini karena terjadinya supermoon kerap berdekatan dengan bencana alam.

Namun lembaga antariksa AS, NASA, menyatakan supermoon tak berpengaruh sifnifikan terhadap peningkatan aktivitas permukaan bumi. Pasang air laut saat supermoon hanya beberapa inci dari kondisi normal. Oleh sebab itu warga di pantai atau dekat aliran sungai tak perlu khawatir akan terjadi banjir yang lebih besar.

Supermoon diramalkan terus mengecil di masa mendatang karena bulan perlahan-lahan akan terdorong dari orbit bumi dan bergerak sekitar 3,8 cm menjauhi bumi setiap tahunnya.

Lihat juga:

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura
Phil Foden saat Manchester City vs Manchester United

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Manchester City akan datang ke markas Brighton dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express pada Jumat dini hari nanti, 26 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024