2017, Facebook Kehilangan 80% Pengguna

Facebook mulai ditinggalkan pengguna [ilustrasi]
Sumber :
  • technorati.com

VIVAnews - "Kiamat Facebook." Itu hasil dari sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh tim peneliti di Princeton University, Amerika Serikat. Diperkirakan, tiga tahun ke depan, Facebook akan ditinggalkan oleh sebagian besar penggunanya.

Selama hampir 10 tahun ini, Guardian melansir, Jumat 24 Januari 2014, Facebook memang telah menyebar ke seluruh dunia bak virus penyakit.
Tapi, secara perlahan-lahan Facebook kehilangan atraksi pengguna. Sehingga, di tahun 2017 nanti, Facebook diramalkan akan ditinggal oleh 80 persen penggunanya.

Facebook memang telah bertahan lebih lama dari saingannya Myspace dan Bebo. Berdasarkan grafik Google Trend, puncak pencarian jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu terjadi pada tahun 2012. Tapi, perlahan-lahan kemudian tak bergerak dan malah terus menurun.

"Seperti virus, Facebook menyebar ke tubuh manusia sebelum akhirnya sekarat dan kemudian mati," kata John Cannarella dan Joshua Spechler dalam keterangannya di makalah berjudul 'Pemodelan Epidemiologi Dinamika Jejaring Sosial Online'.

Keruntuhan singgasana Facebook mirip dengan Myspace. Situs yang dibangun pada tahun 2003 lalu mencapai puncaknya pada tahun 2007 dengan total pengguna sebanyak 300 juta pengguna. Namun, di tahun 2011, pengguna ramai-ramai meninggalkan MySpace.

"Tiga tahun setelah mencapai puncaknya, Facebook juga diprediksi akan ditinggal oleh jutaan penggunanya," ujar seorang peneliti.

Direktur Keuangan Facebook David Ebersman mengakui adanya penurunan pengguna Facebook sehari-hari. Terutama di kalangan para anak remaja.

"Pada bulan Oktober 2013 lalu, Facebook melaporkan jumlah pelanggan aktifnya tersisa 1,2 miliar, dan berencana mencari investor baru untuk pengembangan situs," kata Ebersman.

Facebook juga belum akan ditinggalkan oleh para investor. Pasalnya, pada bulan ini harga saham Facebook mencapai rekor tertinggi.

Saat ini, valuasi perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg mencapai US$142 miliar (Rp1.728 triliun). (eh)

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?
Nita Vior

Bawaan Lahir yang Buat Vior Dicap Sebagai Bocah Kosong

Nita Vior bersyukur lahir dalam keadaan sehat dengan seluruh anggota tubuhnya lengkap. Namun, dia masih mengalami dampak sisa virus di otaknya.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024