Inggris Uji Coba Internet Tercepat di Dunia

Serat optik
Sumber :
  • radioadelaidebreakfast.files.wordpress.com
VIVAnews
Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping
- Sebuah jaringan broadband (pita lebar) internet tercepat di dunia telah sukses diuji coba di London, Inggris. Dengan kecepatan ini telah meningkatkan harapan baru dalam melakukan transfer data dalam waktu sangat cepat.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

Dilansir
Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan
BBC , Jumat 24 Januari 2014, tes yang dilakukan operator telekomunikasi Alcatel-Lucent dan BT berhasil mencapai kecepatan hingga 1,5 terabit per detik, atau bisa mengirim 44 film HD dalam waktu 1 detik saja.

Tes kecepatan internet itu dilakukan pada jarak 410 kilometer, yang menghubungkan antara dua menara telekomunikasi milik BT yang ada di kota London kota Ipswich, Inggris Timur.


Terobosan baru dalam kecepatan internet ini dipandang sangat penting oleh para penyedia jasa Internet (ISP). Karena untuk mengirimkan data dalam jumlah sangat besar bisa menggunakan infrastruktur (broadband) yang ada, tanpa harus meng-
upgrade
infrastrukturnya yang membutuhkan biaya besar.


"Alcatel-Lucent dan BT telah membuat terobosan baru. Hal itu memungkinkan mereka bisa meningkatkan kapasitas broadband-nya tanpa harus menghabiskan uang sangat banyak," kata Oliver Johnson, Chief Executif Point Topic, perusahaan analis broadband.


Dalam keterangannya kepada media, Alcatel-Lucent dan BT mengungkapkan permintaan untuk
bandwidth
terus tumbuh sebanyak 35 persen per tahun. Sehingga diperlukan cara baru agar dapat mengirimkan data berukuran besar dalam waktu yang cepat.


"Sebenarnya ada beberapa metode agar transfer data internet bisa terjadi dengan cepat, seperti menggunakan laser yang dilakukan di dalam laboratorium. Tapi, tes yang kami lakukan dengan kondisi nyata dan di luar laboratorium," tulis Alcatel-Lucent dan BT.


Pakai fiber optik

Selain itu, untuk mendapatkan akses Internet yang super cepat biasanya menggunakan teknologi kabel fiber optik. Teknologi ini diterapkan di seluruh dunia.


Kevin Drury, Direktur Pemasaran Optik Alcatel-Lucent, mengatakan untuk menambah akses Internet di jam-jam sibuk, biasanya menggunakan jalur baru dengan menggunakan kabel fiber optik.


"Itu bentuk fleksibel, yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus. Misalnya, untuk mengakses
streaming
video akan mendapatkan kapasitas yang besar, sementara untuk membuka
website
hanya menggunakan kapasitas yang kecil," kata Drury.


Dia menjelaskan, tapi dengan semakin banyaknya akses data yang menggunakan kabel fiber optik menjadikan tantangan baru. Artinya, semakin pada lalu lintas data maka makin berpotensi munculnya gangguan dan kesalahan.


"Tapi, tes internet tercepat yang diuji coba Alcatel-Lucent dan BT sangat stabil dan bebas dari kesalahan dan gangguan," ujar Drury.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya