Foto-foto Langka Kecelakaan Pesawat Challenger 1986

Pesawat ulang alik Challenger yang meledak di tahun 1986
Sumber :
  • wikimedia.org
VIVAnews -
BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023
Pesawat ulang-alik Challenger milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengalami kecelakaan dahsyat ketika diluncurkan pada tanggal 28 Januari 1986. Meledaknya pesawat ulang-alik itu menewaskan seluruh awaknya yang berjumlah tujuh orang.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Melansir
Otto Hasibuan: Kami Minta Megawati Dipanggil di Sidang MK, Mau Enggak?
News Channel 3, Selasa 21 Januari 2014, 28 tahun sejak kejadian kecelakaan besar itu, muncul 26 foto yang menggambarkan dahsyatnya ledakan pesawat ulang-alik Challenger. Insiden itu termasuk dalam sejarah terburuk dalam aktivitas antariksa Amerika Serikat.

Foto-foto itu ditemukan oleh Michael Hindes, dia adalah cucu Bill Rendle, seorang pekerja kontraktor NASA yang bekerja mempersiapkan peluncuran pesawat ulang-alik Challenger.

"Kakek saya menceritakan bahwa dia yang mempersiapkan peluncuran dan melihat langsung kejadian meledaknya pesawat ulang-alik Challenger. Tapi, dia tidak pernah sekalipun menceritakan telah memotret kejadian itu," kata Hindes.


Namun, setelah kakeknya meninggal beberapa hari lalu, Hindes menemukan sebuah kotak tua yang di dalamnya berisi foto-foto detik-detik peluncuran dan meledaknya pesawat ulang-alik Challenger pada tahun 1986 lalu.


"Saya kaget melihat foto-foto tersebut. Lalu, saya ingin menyebarkan foto-foto langka itu kepada publik. Akhirnya saya memposting foto-foto itu di situs Reddit," ujar Hindes.


Di dalam postingnya, Hindes juga menceritakan pengalaman melihat peristiwa ledakan pesawat ulang-alik Challenger.


"Ketika itu saya masih sekolah di Taman Kanak-kanak di wilayah Florida, AS. Murid-murid dan para guru pergi ke taman untuk melihat peluncuran pesawat ulang-alik. Ketika sampai di tengah langit tiba-tiba pesawat meledak, kami langsung dibawa guru masuk ke dalam kelas," tutur Hindes.


Foto-foto langka kejadian meledaknya pesawat ulang-alik Challenger mendapat banyak komentar dari pengguna situs Reddit. Salah satu akun bernama LordQuagga mengatakan, kendaraan tercanggih di masanya saja masih bisa mengalami kecelakaan.


"Tapi, kematian para astronot itu tidak pernah sia-sia. Setiap kematian telah mengajarkan kita untuk mengembangkan teknologi baru yang lebih aman. Itu adalah tekad astronot dalam menjalankan tugas-tugasnya," tulis LordQuagga di situs Reddit.





























Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya