5 Ponsel Ini Siap Menerjang Banjir

Sony Xperia Z [foto ilustrasi]
Sumber :
  • btnet.com

VIVAnews - Lebih dari sepekan, hujan deras mengguyur Indonesia. Akibatnya, beberapa wilayah seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang, Subang, Semarang, dan Manado, terendam air dengan ketinggian air yang beragam.

Kondisi banjir itu mengakibatkan terganggunya aktivitas para warga, terutama kegiatan telepon-menelpon untuk bertukar kabar dengan keluarga dan teman. Banyak orang yang takut ponselnya terkena cipratan dan tercebur ke air. Dan, akhirnya ponsel itu rusak.

Berikut kami himpun beberapa ponsel pintar yang mampu bertahan dari cipratan air, terendam air, dan bahkan mampu bertahan ketika dipakai saat menerjang banjir.

1. Caterpillar CAT B100

Caterpillar (CAT) terkenal sebagai perusahaan produsen mesin-mesin kontruksi. Tapi, perusahaan itu baru-baru ini merilis sebuah ponsel pintar yang diklaim tahan banting dan anti air.

Ponsel pintar yang diberi nama CAT B100 ini khusus dirancang untuk lingkungan yang ekstrem. CAT mengklaim ponselnya tetap menyala meski jatuh dari jarak 1,8 meter, dan mampu bertahan di temperatur -25 derajat Celcius.

Yang lebih hebat lagi, CAT B100 akan tetap hidup walau direndam di air pada kedalaman satu meter selama 30 menit. Cocok digunakan dalam keadaan banjir.

Kekuatan baterainya juga mengejutkan. Ponsel mampu meladeni waktu bicara hingga 10 jam, dan waktu siaga mencapai 23 hari. Ya, hampir sebulan.

Karena baru diluncurkan pada ajang Consumer Electronics Show (CES), yang digelar pada 7-10 Januari 2014, di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Caterpillar belum merilis harga dari ponsel pintar tahan banting dan tahan airnya.

2. Sony Xperia Z

Sony Mobile Communications adalah perusahaan yang paling banyak memproduksi ponsel pintar yang sudah berteknologi tahan air. Salah satunya adalah Sony Xperia Z.

Ponsel tahan air itu memiliki material berdaya tahan tinggi karena dibalut dengan sertifikasi IP55 dan IP57, yang artinya tahan debu dan air. Xperia Z digadang-gadang bisa bertahan pada batas kedalaman air tawar satu meter dan waktu maksimal 30 menit.

Performa Sony Xperia Z didukung oleh prosesor quad-core 1.5GHz Snapdragon S4, dan RAM 2GB. Sistem operasinya sudah menggunakan Android 4.1 Jelly Bean, dan bisa di-upgrade ke Android versi 4.2.

Saat ini, Sony Xperia Z dibanderol kurang lebih Rp7,5 juta.

3. Sony Xperia Z1

Satu lagi ponsel pintar keluaran Sony Mobile Communications yang bergelar ponsel tahan air adalah Sony Xperia Z1.

Xperia Z1, yang menyandang nama Honami, masih membawa konsep ponsel tahan air dan debu, telah bersertifikat IP55 dan IP58. Tentu aman digunakan ketika terkena cipratan air atau terendam air dengan kedalaman maksimal 1,5 meter dengan durasi 30 menit.

Gacoan Sony ini mengusung layar selebar 5 inci berkualitas Full HD dengan teknologi triluminos, casing alumuniun satu bagian, dan dipersenjatai prosesor Qualcomm Snapdragon 800 Quad core 2,2 Ghz, RAM 2 GB, flash memory hingga 16 GB, slot microSD hingga 64 GB.

Sony membanderol Xperia Z1 dengan harga Rp8,449 juta dan sudah mulai tersedia di pasaran sejak 21 Oktober 2013 lalu.

4. Sony Xperia Z Ultra

Satu lagi ponsel pintar keluaran Sony Mobile Communications yang bergelar ponsel tahan air adalah Sony Xperia Z Ultra.

Mirip dengan Xperia Z dan Xperia Z1. Hanya saja, Xperia Z Ultra hadir dengan sejumlah peningkatan fitur, terutama pada layar yang lebih besar, yakni 6,4 inci.

Soal kemampuan bertahan dalam air, ponsel ini bisa bertahan pada kedalaman maksimal 1,5 meter dalam waktu 30 menit. Ingat, air yang dimaksud adalah air tawar, bukan air asin atau air laut.

Xperia Z Ultra mengusung layar Full HD resolusi 1080 piksel, penyimpanan internal 16 GB plus slot memori microSD sampai 64 GB, kamera utama 8 MP, daya tahan baterai mencapai 11 jam waktu bicara dan 120 jam memutar musik.

Untuk pasar Indonesia, Sony membanderol Xperia Z Ultra dengan harga Rp7,5 juta.

5. Samsung Galaxy S4 versi Active

Samsung telah mengeluarkan beberapa varian turunan dari ponsel pintar Galaxy S4. Salah satunya diberi nama Galaxy S4 Active, yang sudah dilengkapi dengan teknologi tahan air dan debu.

Galaxy S4 Active dipersenjatai oleh sertifikat standar ketahanan internasional IP67. Artinya, Galaxy S4 Active sudah bisa diajak untuk menyelam di kedalaman air maksimal 1,5 meter dengan durasi 30 menit.

Ponsel anti air ini mengusung layar Super AMOLED selebar 5 inci beresolusi Full-HD (1920x1080p), prosesor quad-core 1,9GHz, RAM 2GB, memori internal 16GB, dan baterai berkapasitas 2.600mAh.

Untuk sisi hiburan, Galaxy S4 Active menggunakan kamera belakang 8MP dengan LED flash dan kamera depan 2MP.

Daftar Harga Ponsel Samsung Semua Tipe per 6 Mei 2024
Ilustrasi anak main HP/gadget.

Anak Mulai Pakai Ponsel Harus Dipantau, Bisa Timbulkan Risiko Negatif Ini Bun!

Perkembangan dunia digital, harus dimaknai dengan baik agar tidak menimbulkan kerugian. Salah satu hal yang harus diperhatikan dan diberikan pengawasan adalah anak.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024