Pria Gemuk akan Punya Anak Perempuan Gemuk

Sumber :
  • REUTERS

VIVAlife - Pria yang memiliki kelebihan berat badan tidak hanya membahayakan kesehatan dirinya sendiri, tapi juga memengaruhi kesehatan calon putrinya kelak.

Penelitian mengungkap ayah gemuk cenderung akan memiliki anak perempuan yang juga gemuk dan lebih berisiko terkena diabetes. Tidak hanya itu, mereka juga berkemungkinan memiliki anak yang rentan lahir prematur.

Seperti dilansir Daily Mail, berat badan dan kesehatan calon ayah saat proses pembuahan mempengaruhi gen dan kesehatan anak mereka. Kaitan ini lebih berisiko terjadi pada anak perempuan.

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?

Selama ini kesehatan ibu yang selalu menjadi sorotan terkait kesehatan anak. Namun ternyata kesehatan ayah juga sangat berpengaruh.

Hasil ini ditemukan setelah peneliti melakukan penelitian pada tikus jantan yang mengalami obesitas dan diabetes. Anak-anak mereka diketahui memiliki kelainan gen yang membuat mereka turut mengalami kelebihan berat badan dan diabetes.

Anak-anak tikus tersebut mengalami kelainan pada pankreas, yang bertanggung jawab untuk membuat insulin mengontrol glukosa darah dan jaringan lemak. Fungsi gen ini dapat meningkatkan risiko obesitas di masa depan dan penuaan dini.

"Sementara selama ini peneliti selalu fokus pada kesehatan ibu yang mempengaruhi kesehatan anak, penelitian ini sangat menarik karena mengungkap pengaruh kesehatan ayah pada calon bayi," ungkap Dr Margaret Morris dari Pharmacology School of Medical Sciences.

Peneliti berpendapat, pengaruh kesehatan ayah pada calon bayi hampir sama dengan pengaruh kesehatan ibu pada bayi.

Geral Weissmann dari The Federation of American Societies for Experimental Biology Journal menambahkan bahwa hasil penelitian ini masih tahap awal untuk membuat peneliti mengerti bagaimana kesehatan ayah bisa berimbas pada anak mereka. (umi)

Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024