Ini Cara Simpanse Berkomunikasi dengan Manusia

Ilustrasi Simpanse
Sumber :
  • inotternews.com
VIVAnews -
Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow
Tak bisa dipungkiri, banyak penelitian mengatakan bahwa simpanse adalah salah satu primata yang sangat cerdas. Sebuah penelitian terbaru kembali menemukan bahwa simpanse mengetahui cara menggerakkan tubuh agar bisa berkomunikasi dengan manusia.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Melansir
Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah
Nature World News, Minggu 19 Januari 2014, tim peneliti dari University of Georgia, Amerika Serikat, menguji coba kemampuan komunikasi simpanse dengan manusia untuk menemukan makanan.


Hasilnya, simpanse memberitahu tahu arah sebuah tempat yang berisi makanan dengan menunjukkan tangannya. Itu menunjukkan bahwa simpanse memiliki kemampuan berkomunikasi dengan manusia melalui gerakan tubuh.


"Dalam uji coba ini, kami menggunakan simpanse yang sudah terlatih untuk menunjukkan kepada manusia sebuah tempat tersembunyi yang berisi makanan," kata Charles Menzel, peneliti dari Georgia's Language Research Center.


Dalam uji coba itu, tambah Manzel, simpanse terbukti berhasil menggiring manusia ke tempat berisi makanan dengan menunjukkan jemarinya ke tempat tersebut.


"Hal itu memungkinkan simpanse mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan cara menggerakkan anggota tubuhnya. Itu adalah sebuah paradigma baru yang menggambarkan tingkat kecerdasan simpanse," ujar Menzel.


Sementara menurut Sarah Jane Vick dari University of Stirling, Inggris, penelitian ini juga menyoroti kemampuan kerja otak pada simpanse.


"Pada penelitian sebelumnya, diketahui bahwa simpanse memiliki kemampuan dalam memproduksi gerak tubuh. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa simpanse mempunyai kemampuan kognitif untuk mendukung komunikasi," kata Vick.


Hasil penelitian ini sudah diterbitkan di Jurnal
Nature Communications.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya