Tak Semua Planet 'Kembaran' Bumi Mendukung Kehidupan

Sumber :
  • 21stcentech.com
VIVAnews - Tim astronom dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, Amerika Serikat, berhasil menemukan planet baru yang ukurannya mirip Bumi dan selimuti kandungan gas yang tebal.
Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia

Dikutip dari laman Belfast Telegraph, Rabu 8 Januari 2014, planet yang diberi nama KOI-314C itu juga memiliki matahari sendiri, yang disebut bintang katai merah -bintang kecil yang ukurannya 10 persen matahari. 
Terpopuler: Netizen Serang Wasit Nasrullo Kabirov, Ivar Jenner Sebut Qatar Badut

Menurut para astronom ukuran planet KOI-314C lebih besar 60 persen dari Bumi dan berjarak 200 tahun cahaya dari Bumi.
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 17 April 2024

"Sebenarnya sudah banyak planet yang ditemukan memiliki ukuran yang sama dengan Bumi. Tapi, tidak semua planet itu bisa mendukung kehidupan seperti di Bumi," kata David Kipping, astronom dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.

Dia menambahkan, planet KOI-314C mengorbit sangat dekat dengan bintang katai merah, sehingga menyebabkan suhu planet menjadi sangat panas mencapai 104 derajat Celcius. Cuaca panas itu yang mengakibatkan udaranya dipenuhi oleh gas hidrogen dan helium yang sangat tebal.

"Ini membuktikan tidak semua planet yang memiliki ukuran yang sama dengan Bumi bisa untuk mendukung kehidupan. Ada garis pemisah antara dunia yang berbatu seperti Bumi dan planet baru yang dilapisi gas berbahaya," jelas Kipping, ketika berbicara di pertemuan tahunan American Astronomical Society, di Washington DC, AS.

Tim astronom berhasil menemukan planet KOI-314C secara kebetulan ketika sedang memantau pergerakan bulan dengan menggunakan Teleskop Antarika Kepler milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

"Awalnya kami kecewa tidak berhasil menemukan hal baru di bulan, tapi kemudian kami menyadari telah menemukan planet baru yang berukuran hampir sama dengan Bumi," ujar Kipping. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya