Printer 3D Ini Dijual Rp16,8 Juta

Printer 3D MakerBot Replicator
Sumber :
  • gigaom.com

VIVAnews - Popularitas printer tiga dimensi (3D) yang mampu mencetak barang jadi tiga dimensi semakin populer. Fungsi alat itu untuk menciptakan sebuah benda dari lapisan-lapisan bahan plastik yang terbentuk menjadi sebuah benda padat.

Dengan alat ini, siapa saja bisa mengkloning sesuatu secara nyata. Tinggal mengunduh desain produk, lalu mencetaknya di rumah. Praktis, mudah, dan murah.

Melansir Business Insider, 7 Januari 2014, salah satu produsen printer 3D baru saja meluncurkan produk terbarunya di ajang Consumer Electronics Show (CES), yang digelar pada 7-10 Januari 2014, di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Bre Pettis, CEO MakerBot mengumumkan, hari ini MakerBot meluncurkan printer 3D terbaru yang diberi nama MakerBot Replicator Mini Compact 3D. Printer ini lebih murah, lebih kecil, dan lebih sederhana, untuk mencetak berbagai benda.

"Di masa lalu, pada tahun 1980 sampai 1990-an, orang-orang yang berhasil menciptakan sebuah benda adalah para konglomerat yang memiliki pabrik. Tapi, kini semua orang sudah bisa menciptakan apapun di rumah, tanpa perlu membangun pabrik," kata Pettis.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Dilengkapi Kamera

Dia menambahkan, Mini Compact 3D bisa dioperasikan oleh semua orang, baik itu profesional ataupun pemula. Hanya tinggal menekan tombol, maka barang yang diinginkan langsung bisa dicetak.

"Printer 3D ini sudah dilengkapi dengan kamera yang bertugas untuk meniru benda yang ingin dicetak. Selain itu, printer ini bisa dikoneksikan dengan ponsel pintar untuk pengoperasiannya," jelas Pettis.

Perusahaan membanderol MakerBot Replicator Mini Compact 3D dengan harga US$1375, atau setara Rp16,8 juta. Ingin punya? Sabar. Printer canggih ini baru akan dijual ke publik pada musim semi tahun 2014 ini, sekitar bulan Maret dan April.

Kabarnya, Makerbot juga berencana membuat printer 3D yang lebih besar dan lebih kuat untuk menyasar segmen profesional. Guna merealisasikan mimpinya itu, perusahaan kini menjalin kerja sama serius dengan kelompok-kelompok pengembang aplikasi dan produk. (ren)

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool
Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024