Misi "Berani Mati" ke Mars Tahap Kedua Sisakan 1.058 Peserta

Sumber :
  • youtube.com
VIVAnews
Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini
- Peserta misi berani mati yang digalang perusahaan antariksa swasta asal Belanda, Mars One ke Planet Mars makin menyusut.

Otto Hasibuan: Kami Minta Megawati Dipanggil di Sidang MK, Mau Enggak?

Saat membuka pendaftaran tahap pertama, peserta yang melamar mencapai 200.000. Namun, pada tahap selanjutnya, peserta tersisa 1058 orang saja.
Andai Tak Ada Championship Series, Borneo FC Sudah Juara Liga 1 Musim Ini


Dilansir
Mashable
, Selasa 31 Desember 2013, putaran kedua menyisakan lebih dari seribu orang yang bertahan dengan rincian, 586 laki-laki dan 472 perempuan. Dilihat dari asal negara, 297 warga AS, Kanada (75), India (62), Rusia (52) dan sisanya tersebar di seluruh dunia.


Dari sisi pendidikan, 347 orang jebolan sarjana, 159 master, 29 diantaranya bergelar MD (doktor kesehatan). Sedangkan sebagian besar, 813 orang sudah memiliki pekerjaan dan 164 diantaranya masih menjalani menjalani studi. Sebagain besar pemohon berumur di bawah 36.


"Peserta yang masih bertahan itu kini segera akan menjalani pemeriksanaan medis dan menjalani simulasi ketat, kerja sama tim dan uji kemampuan fisik serta emosional," kata Kepala Medis Mars One, Norbert Kraft.


Pada Januari nanti, Mars One akan mencampur para peserta, dan akan menjalani pelatihan keterampilan hidup selama 8 bulan lebih ke depan.


Layaknya Reality Show

Uniknya penentuan peserta yang dinyatakan lolos tidak ditentukan oleh para ahli, namun masyarakat umum yang menentukan, lewat siaran televisi.


Pemilihan peserta yang maju ke final akan dibuat layaknya format reality show di televisi. Tahap pemilihan ini akan menyaring 40 besar peserta, yang akan menunjukkan kesesuaian mereka jadi manusia pertama yang menjelajahi Mars.


Pada tahap ini, barulah Mars One akan memilih manusia ke Mars dengan pertimbangan utama potensi iklan yang terbaik dari masing-masing peserta tersisa.


Direktur Mars One, Bas Lansdorp sebelumnya mengatakan misi berani mati itu dapat terlaksana jika perusahaan sudah memiliki dana sebesar US$6 miliar, atau setara Rp66 triliun.


Untuk mendapatkan dana sebesar itu, Mars One akan bekerja sama dengan stasiun televisi agar bisa menyiarkan secara langsung kehidupan manusia di Mars. Ia ingin setiap detik misi ini bisa disiarkan.


"Empat miliar dolar selama empat minggu karena dunia akan menonton," ujar bos Mars One mentarget saat berbicara dalam konferensi pers di New York awal tahun ini.


Sebenarnya Mars One telah mendapat tawaran bantuan dari Lockheed-Martin, sebuah korporasi kontraktor pertahanan asal Maryland, AS, tapi ditolak oleh Lansdorp.


Ia enggan bekerjasama dengan NASA dan bertekad akan menggunakan teknolosi SpaceX, perusahaan transportasi antariksa AS milik Elon Musk, meski ini masih bersifat rumor. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya