Cubli, Kubus Ajaib yang Bisa Berdiri dan Berjalan

Cubli, kubus ajaib yang bisa berdiri, berjalan, dan melompat
Sumber :
  • youtube.com

VIVAnews - Sejumlah peneliti dari Swiss telah menciptakan kubus ajaib. Terbuat dari logam dan dibalut warna metalik, kubus bernama Cubli itu mampu lompat, berdiri dengan satu siku, bahkan berjalan di atas permukaan datar. Bagaimana bisa?

Staf di Federal Institute of Technology Zurich menjejali serangkaian sensor inersia dan rotor (kipas) yang terus berputar sehingga kubus berukuran 15 sentimeter itu bisa berputar dan berdiri dengan siku-sikunya.

Rotor-rotor di dalam kubus itu berfungsi mendukung mobilitas kubus. Jika salah satu atau dua rotor berhenti, maka kubus akan bergerak atau bahkan berjalan. Untuk membuat kubus itu seimbang dengan satu siku pun membutuhkan bantuan rotor. Semua berkat kekuatan yang disebut sentrifugal.

Dengan sistem rotor mirip giroskop yang dirancang peneliti Swiss, Cubli dapat menjajal berbagai posisi, menyeimbangkan diri, dan melawan gravitasi. Jika dilakukan secara berturut-turut, alat tersebut akan membuat serangkaian jatuh bangun hingga melompat di atas permukaan datar.

Lalu, apa kegunaan kubus ini bagi manusia?

Dalam hal apliakasi praktis, para peneliti mengatakan, teknologi ini bisa membantu manusia dalam menjelajahi atau eksplorasi planet. Model Cubli dapat diterapkan pada robot penjelajah mirip Curiosity di Mars dan rover-rover sejenisnya di masa depan.

Namun, peneliti mengakui, tujuan mulia itu masih jauh. Saat ini, Cubli tidak lebih dari sebuah mainan berteknologi tinggi yang dimainkan oleh para peneliti di laboratorium.

"Mungkin kami bisa menambahkan teknologi lain sehingga Cubli bisa lebih canggih lagi," kata peneliti.

10 Tempat Menyeramkan yang Bisa Membuat Anda Merinding, Berani Coba?

Video singkat tentang Cubli bisa dilihat melalui tautan ini. (umi)

Ilustrasi bunuh diri

Viral Bocah 10 Tahun di India Bunuh Diri Gegara Diintimidasi Tanpa Henti di Sekolah

Kasus pembullyan atau intimidasi di sekolah, sudah kerap terjadi di kota-kota besar maupun kecil sekalipun. Tidak hanya berimbas ringan, risiko lainnya juga sangat besar.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024