10 Teknologi yang "Punah" pada 2013 (1)

Logo Winamp
Sumber :
VIVAnews -
Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman
Tahun 2013 akan segera berakhir. Banyak produk teknologi yang muncul pada tahun ini, dan tak sedikit produk teknologi yang punah alias tutup. Beberapa yang hilang adalah mesin pencari Altavistas, Google Reader, dan legenda pemutar musik Winamp.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Melansir
Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget
Mashable, Rabu 11 Desember 2013, banyak kematian produk teknologi berkualitas terbaik dan masih banyak peminatnya, seperti Google Reader, HTC One, dan iPhone 5.

Tapi, itulah potret produk teknologi. Meninggalkan produk lama dan segera membuat produk baru yang lebih canggih adalah lumrah. Dan, masyarakat harus mengucapkan selamat tinggal untuk produk masa lalu yang mungkin banyak kenangan.

Dari puluhan bahkan ratusan produk yang gulung tikar, ada beberapa produk yang menjadi sorotan. Berikut 10 produk teknologi yang terpaksa harus meninggalkan penggunanya.

1. HTC One




Pada April 2013, Facebook memutuskan untuk memperluas usaha di ponsel dengan meluncurkan aplikasi baru di Android, yaitu Facebook Home. Meski aplikasi Facebook Home bisa digunakan di berbagi perangkat Android, tapi debut aplikasi itu muncul melalui produk HTC One.


Sayang, aplikasi Facebook Home dan HTC One tidak mendapat sambutan meriah. Sepi tak bergema. Aplikasi Facebook Home tetap ada, tapi ponsel HTC One menjadi salah satu ponsel berumur terpendek, karena HTC langsung meluncurkan produk yang lebih baru: HTC One X.


2. iPhone 5




Pada September 2013, Apple merilis dua ponsel pintar terbarunya, iPhone 5S dan 5C yang warna-warni. Selain warna casingnya semarak, iPhone 5C pada dasarnya memiliki spesifikasi yang sama dengan iPhone 5, hanya saja ada perbedaan pada kualitas kamera.


Akibat memiliki spesifikasi yang sama, Apple terpaksa menyetop produksi iPhone 5. Umur iPhone 5 sangat pendek, masih kalah dari iPhone 4S yang masih diproduksi.


3. Winamp




Sebelumnya iTunes hadir di jagat pemutar musik digital, Winamp telah melegenda di hati para penikmat musik. Kemampuannya dapat memutar CD, MP3, dan radio di komputer, serta memiliki tampilan antar muka yang menarik.


Tapi, seiring berjalannya waktu, Winamp kalah bersaing. Alat pemutar musik itu tidak akan lagi tersedia untuk diunduh setelah 20 Desember 2013. Sebentar lagi, Winamp yang berumur 15 tahun itu akan menjadi kenangan dan bahan cerita untuk generasi anak-cucu.


4. Turntable.fm




Pada akhir 2011, Turntable.fm diluncurkan sebagai
startup
untuk berbagi musik antarpengguna dan memungkinkan para DJ memainkan turntable virtual.


Sayang, pada November 2013, Turntable.fm mengumumkan untuk menutup layanan untuk selamanya. Per 2 Desember 2013, Turntable.fm resmi tidak bisa digunakan lagi dan menjadi aplikasi kenang-kenangan para DJ.


5. MySpace Classic




Pada Juni 2013, MySpace meluncurkan kembali produk barunya MySpace Classic. Produk baru itu memiliki fokus besar untuk layanan musik. Sangat berbeda dengan bentuk MySpace yang sebagai jejaring sosial di tahun 2000-an.


Sayangnya, di MySpace Classic, semua konten lama pengguna, dari foto, entri blog, komentar, dan pesan telah hilang. Semua di-reset menjadi baru. Itu membuat pengguna kecewa lantaran kehilangan kenangan-kenangannya di masa lalu.


Meski sudah ditinggal para penggunanya, My Space Classic masih bisa diakses. Diperkirakan akan benar-benar hilang mulai awal tahun depan. (art)


Bersambung ...
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya