Dalam 39 Hari, Roket Ini Bisa Sampai di Mars

peluncuran roket atlas 5 untuk misi Mars
Sumber :
  • REUTERS/Joe Skipper
VIVAnews -
Ucapan Petinggi Arsenal Bikin Suporter Bisa Tenang
Tak sedikit ilmuwan yang meyakini bahwa Planet Mars dulunya mirip dengan Bumi. Punya atmosfer tebal, suhu hangat, dan memiliki kandungan air di permukaannya.

Aksi Lempar Bra ke Member RIIZE di Meksiko Tuai Kecaman dari Penggemar

Anggapan itu membuat banyak ilmuwan dari berbagai negara berlomba-lomba untuk meneliti "tetangga" Bumi tersebut.
Basarnas Ungkap Evakuasi Korban Pesawat Jatuh di BSD Harus Hati-hati karena Posisi Terjepit


Melansir
Science Recorder,
Senin 9 Desember 2013, untuk sampai ke Planet Mars bukanlah perkara mudah. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memerlukan waktu enam bulan untuk mendaratkan kendaraan robotik Rover Curiosity di permukaan Mars.


Tapi, kini para ilmuwan NASA mengklaim telah menemukan teknologi canggih untuk memangkas waktu misi perjalanan ke Mars. Dengan teknologi ini, sebuah roket bisa mendarat di Mars hanya dalam waktu 39 hari terhitung sejak diluncurkan.


Teknologi terbaru itu bernama
Variable Specific Impulse Magnetoplasma Rocket
(VASIMR). Roket itu menggunakan bahan bakar berjenis gas argon—sumber energi terbarukan yang ditemukan di ruang angkasa.


Gas argon berupa gelombang radio berbentuk cahaya. Zat ini dikenal sebagai salah satu jenis gas yang paling stabil.


Roket VASIMR diklaim mampu menjalankan misi ke Mars berjalan enam kali lebih cepat dari misi-misi yang sudah dilakukan saat ini. Roket itu memiliki kecepatan mencapai 35 mil per detik (atau 202 ribu km per jam). Walhasil, perjalanan dari Bumi ke Mars bisa ditempuh hanya dalam waktu 39 hari.


NASA belum mengumumkan berapa biaya pembuatan roket dan kapan akan mulai diluncurkan ke Mars. Saat ini, Roket VASIMR dilaporkan sudah siap untuk diuji coba melakukan perjalanan ke ruang angkasa perdana.


Kemajuan teknologi ini berpotensi besar menciptakan misi-misi baru sebagai bagian eksplorasi Planet Mars dan planet-planet lainnya di masa depan. Tapi, tujuan utamanya adalah menempatkan manusia pertama di Planet Mars.


Untuk diketahui, NASA sangat berambisi mengirimkan astronotnya ke Planet Mars pada pertengahan tahun 2030 nanti. Tapi, dengan adanya teknologi terbaru Roket VASIMR, NASA tampaknya akan mempercepat misi menerbangkan manusia pertama di Planet Merah. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya