Bos Google: Jejaring Sosial Akan Liberalisasi China

Eric Schmidt
Sumber :
  • investors.com

VIVAnews - Direktur Eksekutif Google, Eric Schmidt, meyakini jejaring sosial akan meliberalisasi China ketika semakin banyak warganya yang melakukan aktivitas online. Pemerintah China, kata Schmidt, tak akan berdaya menghadapi itu.

Schmidt menyampaikan dalam sebuah konferensi di London, hasil pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang hanya beberapa pekan setelah negara itu mengenalkan regulasi keras atas jejaring sosial. Di bawah regulasi baru ini, orang bisa mendapatkan hukuman jika "rumor online" yang mereka buat dipasang ulang lebih dari 500 kali.

"Hal paling menarik tentang pemerintah ini, dari presiden sampai gubernur-gubernur, semuanya terobsesi dengan Internet, karena itulah mereka membuat aturan itu," kata Schmidt dalam konferensi yang diselenggarakan institusi kebijakan independen Chatham House itu, Senin 25 November 2013, seperti dilansir Reuters.

Namun, Schmidt tidak mengelaborasi apa pembicaraan dia dengan pemimpin China.

Pada 2010, Google memindahkan mesin pencarinya keluar dari China, negeri dengan perekonomian nomor 2 terbesar dunia saat ini. Google menuduh ada sensor, sehingga memilih memindahkan operasionalnya ke Hong Kong.

Namun, dengan perkembangan pesat layanan seperti Weibo, mikroblogging mirip Twitter, dan instant messaging WeChat, menurut Schmidt, membuat sensor sulit dilakukan.

Remaja yang Viral Keroyok Pelajar SMP di Makassar Ditangkap, Ada 5 Pelaku Masih Dibawah Umur

"Sederhananya, Anda tidak bisa memenjarakan orang China ketika semuanya setuju pada sesuatu," kata dia. "Anda tidak akan mampu menghentikannya, meski Anda tidak suka dan itu memicu liberalisasi." (art)

Demonstran Kembali Bentrok Dengan Aparat di Depan Gedung DPR

Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat

Amnesty International menyoroti beberapa hal yang menunjukkan semakin buruknya situasi HAM di Indonesia, di mana represi atas kebebasan sipil sering terjadi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024