Peneliti: Ihwal Kapal Selam Era Hitler Masih Misterius

Pasukan Nazi Jerman
Sumber :
  • Bundesarchiv, Bild 183-2004-0312-507 / CC-BY-SA
VIVAnews -
Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor
Temuan kapal selam U-Boat jenis U-168 yang berlogo Nazi di perairan Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah, membuka lembaran misteri baru tentang keberadaan kapal selam itu.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Pasalnya, jika menilik sejarah Perang Dunia II, kapal selam banyak beroperasi di perairan Pasifik Utara. Namun, temuan kapal selam Jerman era Hitler itu dinilai cukup unik.
Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih


"Kenapa kapal selam ini kemudian di perairan Indonesia? Ini masih jadi pertanyaan. Terlebih lagi di Jawa," kata Priyatno Hadi, Ketua Tim Peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional kepada
VIVAnews,
Rabu 20 November 2013.


Priyatno menambahkan, para peneliti saat ini belum bisa memastikan skema apa yang bisa menjelaskan kehadiran kapal selam itu di perairan Karimun Jawa.


"Kalau terbawa arus, kemungkinan itu terlalu jauh. Kalau kapal itu membawa misi rahasia melawan Belanda dan sekutunya juga masih didalami," tambah dia.


Priyatno mengatakan, tim peneliti masih menjalani proses identifikasi sampel yang diambil dari bangkai kapal berlapis baja itu. "Temuan awal ini sedang ditindaklanjuti. Informasi yang didapat belum banyak," kata dia.


Sebelumnya disampaikan, informasi keberadaan kapal selam ini berawal dari laporan nelayan lokal yang kemudian diteruskan ke Pusat Arkeologi Nasional melalui penyelam lokal.


"Informasi adanya kapal itu sudah sejak setahun lalu, baru kami tindaklanjuti saat ini karena kendala anggaran," kata Priyatno membeberkan.


Temuan kapal selam itu dilakukan oleh 16 orang dari unsur peneliti dan penyelam. Secara rinci enam peneliti Arkeologi Nasional, empat peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta dan enam penyelam lokal.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya