BlackBerry: Banyak Pihak Terlibat dalam Penyadapan

Seseorang menggunakan BlackBerry Q10
Sumber :
  • mashable.com

VIVAnews - Aksi penyadapan yang dilakukan pihak Australia kepada Indonesia menyasar ke ponsel-ponsel pribadi. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono menjadi sasaran penyadapan.

Seperti diketahui, dalam penyadapan itu Wapres Boediono dan mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalar, sama-sama menggunakan ponsel BlackBerry Bold 9000.

Lalu, bagaimana sistem keamanan dari BlackBerry yang kesohor paling aman di dunia itu bisa disusupi?

Menurut Maspiyono Handoyo, Managing Director BlackBerry Indonesia, dalam kasus penyadapan itu memang harus dicari tahu dulu percakapan apa yang sudah disadap. Apakah percakapan suara? Atau e-mail?

"Itu harus dicari tahu dulu. Tapi, yang jelas sistem keamanan BlackBerry sampai saat ini adalah yang terbaik. Terutama pada layanan BlackBerry Enterprise Server (BES). Di kasus ini tidak hanya BlackBerry saja yang terlibat, ada banyak pihak," kata Maspiono, di Jakarta, 19 November 2013.

Ardo Fadhola, Senior Country Product Manajer Southeast Asia BlackBerry menambahkan, BlackBerry sudah memiliki sertifikasi untuk masalah keamanan dan sudah banyak dipakai oleh lembaga-lembaga pemerintahan di Amerika Serikat dan Eropa.

"Saat ini, keamanan adalah salah satu dari DNA BlackBerry yang sudah dibangun di OS lama dan terbaru. Keamanan tetap menjadi fokus utama kami dan tidak akan ditinggalkan," ujar Ardo.

Dia menyampaikan, semua fitur keamanan yang dimiliki BlackBerry tentu untuk melindungi sistem software dan hardware. Namun terkait penyadapan yang dilakukan Australia, harus dilihat dulu bentuk penyadapannya.

"Jika memang penyadapan yang dilakukan itu melalui telepon, maka harus ditanyakan kepada operator karena itu ranah mereka," tutur Ardo.

"Dalam lalu lintas data atau percakapan tentu banyak pihak yang terlibat. Kami belum bisa berkomentar lebih jauh tentang masalah penyadapan ini. Yang jelas BlackBerry sangat peduli dengan fitur keamanan," ucapnya. (umi)

Intip Arti Kesuksesan bagi Presiden Direktur P&G Indonesia
Undian Kualifikasi Piala Asia Wanita U-17 2024.

Timnas China dan Korsel Tiba di Bali untuk Tampil di Piala Asia Wanita U-17

Timnas China dan Korsel Tiba di Bali untuk Tampil di Piala Asia Wanita U-17.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024