Siswi SMA Yogya Buat Gelang Anti Penculikan

Nurina Zahra dan Tri Ayu Lestari, siswi SMAN 6 Yogyakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Tommy Adi Wibowo
VIVAnews -
Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid
Siswa dan pengajar memajang karya andalannya dalam ajang Kompetisi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang digelar pada 14-15 November 2013

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Salah satunya adalah karya dari Nurina Zahra dan Tri Ayu Lestari, siswi SMAN 6 Yogyakarta yang menciptakan Gelang Anti Penculikan (GAP) dengan Sensor Alarm Otomatis. Karyanya ini masuk ke dalam jajaran finalis National Young Inventor Award (NYIA) tahun 2013.
Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan


Ide ini tercetus ketika mereka berdua melihat masih maraknya kasus penculikan terhadap anak-anak di Indonesia. Selain itu, masih banyak orang tua yang kehilangan anaknya ketika di keramaian, seperti di pasar, tempat wisata, dan lainnya.


"Gelang ini dirancang khsusus untuk mengontrol anak atau bayi jika berada jauh dari jangkauan orang tuanya. Apabila si anak sudah berada jauh dari orang tuanya, maka alarm yang ada gelang orang tuanya akan berbunyi," kata Nurina kepada
VIVAnews
, di Jakarta, 14 November 2013.


Dia menjelaskan, mekanisme dari Gelang Anti Penculikan ini adalah gelang yang dipakai oleh anak sudah berisi transmitter yang akan mengirimkan sinyal RX radio ke gelang milik orang tua.


"Sinyal yang diterima oleh RX Radio akan masuk ke mikro kontroler lalu kemudian dikeluarkan oleh alat buzzer berupa bunyi alarm," jelas Nurina.


Sementara rekan setimnya, Tri Ayu Lestari mengungkapkan saat ini alarm akan berbunyi ketika  orang tua dan anak berjarak 3 meter. Tapi, kedepannya  akan ditambah jaraknya supaya lebih jauh.


"Selain, menambahkan jaraknya. Saya dan tim akan menambahkan fitur GPS untuk melihat lokasi anak ketika sudah berada jauh dari orang tuanya. Fitur GPS itu akan memudahkan orang tua untuk mengetahui lokasi anak ketika benar-benar diculik," kata Tri.


Tri juga berharap agar Gelang Anti Penculikan ini bisa diproduksi secara massal. Tujuannya mulia. "Mudah-mudahan alat ini bisa mengurangi kasus hilang atau diculiknya anak oleh orang-orang jahat," ujarnya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya