Android Dominasi Pasar, BlackBerry Kian Terpuruk

BlackBerry VS Android
Sumber :
  • http://www.salingsharing.com

VIVAnews - Sistem operasi Android terus meneguhkan dominasinya di pasar sistem operasi ponsel dunia. Pada laporan terbaru lembaga riset global, IDC, per kuartal ketiga 2013 yang dirilis kemarin, Android meraup 81 persen pangsa pasar jauh meninggalkan kompetitornya.

Dilansir Cnet, Rabu 13 November 2013, secara pengiriman ponsel, sampai kuartal terakhir tahun ini total pengiriman ponsel berbasis sistem operasi besutan Google itu mencapai 211,6 juta unit dari total pasar 261,1 juta unit.

Kontribusi ponsel Android terbesar disebutkan masih dari ponsel Samsung. Galaxy S4 meraih pangsa 34 persen dari total 80 persen pasar Android.

Meski tak sebagus Android, Windows Phone menunjukkan peningkatan yang lumayan. Pertumbuhan sistem operasi besutan Microsoft itu selama satu tahun terakhir melonjak sampai 156 persen.

Beli Motor Bekas Jangan Lupa Urus Balik Nama, Ini Cara dan Biayanya

Pada kuartal yang sama tahun lalu, pangsa Windows Phone masih 2 persen, tapi kuartal ini sudah jadi 3,6 persen dengan total pengiriman 9,5 juta unit.

Pertumbuhan Windows Phone, kata IDC, nyaris dikuasai sepenuhnya oleh ponsel Nokia yang mencapai 93,2 persen dari semua ponsel Windows Phone.

"Meski ada perbedaan pangsa pasar, Android dan Windows Phone mempunyai salah satu faktor penting kesuksesan, yaitu harga," kata Ramon Llamas, Manajer Tim Riset Mobile Phone IDC.

Keduanya, kata Llamas, memiliki pilihan perangkat mulai dari harga murah sehingga terjangkau untuk pasar. "Pasar inilah yang mendorong pertumbuhan seluruh pasar," kata dia.

Sistem operasi iOS mengalami pertumbuhan 25,6 persen dengan meraih pangsa pasar 12,9 persen dibanding 14,4 persen periode yang sama tahun lalu. Per kuartal ketiga ini, Apple telah mengirimkan 33,8 juta iPhone.

Kondisi terbalik dialami BlackBerry. Sistem operasi ini anjlok dengan pangsa 1,7 persen (4,5 juta unit) dari pangsa setahun sebelumnya dengan 4,1 persen (7,7 juta unit)

IDC juga mengungkapkan harga rata-rata ponsel yang terjual saat ini yaitu US$317, angka itu lebih rendah dari 12,5 persen dari rata-rata harga ponsel tahun sebelumnya.

Sedangkan rata-rata harga ponsel tablet (phablet) atau ponsel layar besar mencapai US$443, angka itu turun 22,8 persen dari rata-rata  harga tahun sebelumnya.

Menpan RB, Abdullah Azwar Anas

Menteri PAN-RB Siapkan Formasi ASN di IKN Bagi Putra-Putri Asli Kaltim

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah telah menyiapkan jumlah kebutuhan ASN di IKN.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024