Aplikasi Ini Mampu Deteksi Radiasi Bencana

Kerusakan di daerah pantai Filipina akibat topan Haiyan.
Sumber :
  • REUTERS/Raul Banias
VIVAnews - Bencana seperti angin topan, banjir, kecelakaan kereta api sampai gempa bisa datang kapan saja. Prihatin atas kondisi ini, para ahli lalu menciptakan aplikasi ponsel pintar yang dapat membantu evakuasi bencana.
Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Dilansir Theeagle, Minggu 10 November 2013, aplikasi bernama GammaPix itu bekerja mengukur paparan radiasi di pesawat terbang, pasien medis sampai produk yang terkontaminasi paparan. 
Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

GammaPix yang dibesut pengembang Image Insight asal Connecticut, AS itu bekerja melalui kamera ponsel sehingga pengguna atau petugas tak perlu repot menambahkan perangkat ekternal.
Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Untuk mengukur paparan radiasi, aplikasi ini memanfaatkan kamera pada ponsel. Disebutkan chip dalam sebuah ponsel yang built-in dengan kamera itu sensitif dengan sinar gamma.

Untuk mendeteksi radiasi, aplikasi ini butuh bantuan peranti lunak, GeoSuite. Peranti lunak tambahan ini didesain untuk membuat informasi tersedia cepat saat bencana terjadi. Ini membantu mempercepat pengambilan keputusan.

"GeoSuite dan kemajuan jaringan dapat memungkinkan responden berbagi foto dan video satu sama lain," kata Robert Murphy, yang bekerja di pusat Informasi Darurat Center for Robot-Assisted Search and Rescue and the Texas A&M Engineering Experiment Station.

Dengan berjalan pada jaringan LTE 700 MHz, petugas darurat bisa mengunggah informasi, bagi pengambil kebijakan yang jauh dari tempat kejadian. 

"Ini menggambarkan bagaimana manfaat dasar aplikasi itu memberikan informasi yang real time dan akurat," tambah Susann Brown, Manajer Tim Texas Task Force One.

Murphy menambahkan dengan teknologi itu, bisa mempercepat proses pemulihan, mengoptimalkan evakuasi dan membantu proses pengambilan keputusan.

Aplikasi ini sudah diujicoba untuk mengukur sejauh mana kualitas pengiriman informasi melalui nirkabel. GammaPix tersedia di pusat aplikasi Google Play dan App Store.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya