Ini Aplikasi Berbagi File yang Aman dari Penyadapan

Tampilan situs untuk mengunduh aplikasi BitTorrent Sync
Sumber :
  • digitaltrends.com

VIVAnews - Akses via Internet kini diketahui memendam risiko yang tak aman. Bisa disadap. Padahal bagi pengguna perangkat mobile, akses Internet sudah menjadi bagian kebutuhan sehari-hari.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Jangan khawatir. BitTorrent, peranti lunak berbagi file antarperangkat via Internet, telah merilis aplikasi yang dijamin aman dari penyadapan.

Dilansir Digitaltrends, Kamis 7 November 2013, BitTorrent merilis BitTorrent Sync Beta API. Aplikasi berbagi file ini dibangun di atas aplikasi berbagi sebelumnya yang juga diklaim aman, Sync BitTorrent.

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita

Aplikasi versi lama itu terbukti berhasil aman bagi pengguna. Nyatanya, menurut catatan perusahaan, aplikasi ini membukukan satu juta pengguna dalam sebulan terakhir.

Sync BitTorrent dirilis pada pertengahan September lalu. Sebulan terakhir trafik berbagi file mencapai lebih dari 30 petabyte setara 31,45 juta GB.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Asyiknya lagi, BitTorrent Sync tak membatasi ukuran dan jumlah file yang akan ditransfer, sebab semua dilakukan melalui skema peer-to-peer atau perangkat ke perangkat.

Selain tanpa kuota, aplikasi ini juga memberikan jaminan keamanan dengan enkripsi file menggunakan kode QR. Dengan menggabungkan transfer file peer-to-peer terenkripsi, BitTorrent Sync membuat transfer file aman, tak mungkin bisa diakses meski oleh peretas sampai intelijen seperti Badan Keamanan Nasional AS (NSA) sekalipun.

Dengan rilis BitTorrent Sync API, perusahaan mengubah BitTorrent Sync menjadi platform yang mana pengembang dapat membuat sejumlah aplikasi yang benar-benar pribadi, terdesentralisasi dan terenskripsi.

Perusahaan sangat yakin, BitTorrent Sync API memungkinkan pengembang membangun alternatif bagi fungsionalisasi Internet, sebab aplikasi ini tak bergantung pada server terpusat.

"Ini adalah sesuatu yang telah kami kerjakan sebagai hal yang biasa, sebab kami yakin Internet yang terdesentralisasi adalah Internet yang lebih baik," terang juru bicara BitTorrent.

5 platform besar

Guna membantu ke arah ini, perusahaan bekerja secara langsung bersama pengembang melalui Acceleration Program, yang akan memberikan dukungan akses jadi lebih cepat.

Saat ini, BitTorrent Sync tersedia untuk semua platform besar, termasuk Windows, Mac, Linux, Android, dan iOS.

Perusahaan merilis BitTorrent Sync client versi 1.2, yang diklaim meningkatkan kecepatan transfer hingga 90 MB per detik dari jaringan lokal.

Jika benar segera diliris resmi, aplikasi berbagi file itu benar-benar akan membuat pengguna lebih tenang. Intelijen, penegak hukum sampai peretas diyakini tak akan mampu mengakses aktivitas, informasi pribadi, data perusahaan.

Untuk mendapatkan aplikasi BitTorrent Sync API, Anda bisa mengunduhnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya