Kalimantan, Salah Satu Tempat Paling Tercemar di Dunia

Tempat paling tercemar di dunia
Sumber :
  • Livescience

VIVAnews - Sebuah lembaga nonprofit pemerhati lingkungan, Blacksmith Institute, membuat daftar sembilan tempat paling tercemar di dunia tahun 2013. Salah satunya adalah Kalimantan, Indonesia. 

Dikutip dari laman Livescience edisi 6 November 2013, kesembilan tempat paling tercemar itu tersebar di sejumlah negara berkembang dan daerah industrial. Berikut daftarnya:

1. Chernobyl, Ukraina

Di tempat ini terjadi bencana nuklir paling mengerikan tahun 1986. Kala itu, tempat ini 100 kali lebih beradiasi dibanding Hiroshima dan Nagasaki yang pernah dijatuhi bom nuklir.

2. Agbogbloshie, Ghana
Orang-orang di tempat ini membakar kabel dan barang elektronik lainnya untuk mendapatkan tembaga yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Namun, dalam proses pembakaran tersebut, gas-gas beracun terlepas ke udara.

Tempat paling tercemar di dunia

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

3. Norilsk, Rusia
Setiap tahun, hampir 500 ton masing-masing tembaga dan nikel oksida dan 2 juta ton sulfur dioksida dilepaskan ke udara di Norilsk, Russia.

4. Nigeria Delta
Ekstraksi minyak di Nigeria Delta menciptakan ribuan tumpahan minyak dan mencemari air tanah.

5.Matanza Riachuelo, Argentina

Daerah aliran sungai (DAS) Matanza-Riachuelo tercemar berbagai zat kimia seperti seng, timah, tembaga, nikel, dan krom.

6. Kalimantan, Indonesia

Penambang-penambang di Kalimantan kerap menggunakan merkuri untuk mengekstraksi emas. Para penambang emas itu pun terpapar merkuri level tinggi.

7. Kabwe, Zimbabwe
Di daerah ini, sejumlah anak laki-laki dipekerjakan untuk menggali timbal. Dalam sebuah penelitian tahun 2006, kandungan timbal dalam darah anak-anak di tempat ini 5 sampai 10 kali melebihi ambang batas.

Tempat paling tercemar di dunia

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

(Foto: penggali timbal di Kabwe)

8. Hazaribagh, Bangladesh
Sekitar 95 persen dari 270 penyamakan resmi Bangladesh ada di kota Hazaribagh. Zat-zat kimia bersifat karsinogen seperti hexavalent chromium dipakai dalam proses penyamakan kulit. Zat ini kemudian masuk dan mencemari persediaan air.

Pengakuan Pelatih Yordania Jelang Laga Lawan Timnas Indonesia U-23

9. Dzershinsk, Rusia
The Guinness Book of World Records 'mendaulat' Dzerzhinsk sebagai kota paling tercemar zat kimia di dunia. Sampai akhir Perang Dingin, Dzerzhinsk adalah salah satu lokasi manufaktur utama Rusia untuk senjata kimia. Antara tahun 1930 dan 1998, hampir 300.000 ton limbah kimia dibuang ke sana.

Tempat paling tercemar di dunia

Gelombang tinggi laut terjang pesisir pantai (foto ilustrasi)

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 20 hingga 21 A

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024