VIDEO: Adu Kemampuan "Batu-Gunting-Kertas" Melawan Robot

Robot suten
Sumber :
  • k2.t.u-tokyo.ac.jp

VIVAnews - Bagaimana jadinya jika manusia adu kemampuan suten melawan robot? Ya, para peneliti di Jepang mengembangkan sebuah robot yang mampu bermain batu-gunting-kertas melawan manusia.

Seperti dilansir laman BBC, robot tersebut diklaim lebih cepat dibandingkan versi yang diluncurkan oleh para peneliti dari University of Tokyo pada Juni 2012 lalu. Versi terbaru robot yang dinamakan Janken itu menggunakan reaksi dan pengenalan kecepatan tinggi ketimbang prediksi.

Secara teknis, robot mampu bereaksi cepat terhadap tangan manusia. Hanya butuh satu milidetik bagi robot untuk mengenali bentuk tangan manusia. Setelah itu robot membuat gerakan dan bereaksi dalam kecepatan tinggi.

Versi terdahulu mampu menyelesaikan gerakannya dalam waktu 20 milidetik setelah tangan manusia. Namun, versi teranyar ini mampu menyelesaikan gerakannya hampir bersamaan dengan tangan manusia.

Para ilmuwan di Ishikawa Oku Laboratorium, bagian dari University of Tokyo memang mengkhususkan diri dalam berbagai teknologi, termasuk "sensor fusion". Tujuannya adalah untuk meniru dan memperbaiki indera manusia menggunakan robot cerdas berkecepatan tinggi.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024