"Indonesia, Pengguna Path Terbesar di Dunia"

Pendiri Path Dave Morin
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews -
Andai Tak Ada Championship Series, Borneo FC Sudah Juara Liga 1 Musim Ini
Popularitas Path melejit di Tanah Air. Perlahan tapi pasti, jumlah pengguna media sosial privat itu bertumbuh cepat hingga menempatkan Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah pengguna Path terbesar di dunia, hari ini.

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

"Jumlah pengguna Path di sini (Indonesia) bahkan lebih besar dari Amerika Serikat. Kurang lebih 4 juta pengguna aktif," ujar Dave Morin, pendiri Path, saat bincang-bincang dengan
6 Tradisi Unik Merayakan Hari Paskah dari Berbagai Negara
VIVAnews , di Jakarta, Kamis 1 November 2013.


Saat ini, Path memiliki 20 juta pengguna aktif di dunia. Pengguna Path di Indonesia, kata Morin, menyumbang  trafik Path global dalam bulanan, dan sekitar ¼ trafik Path dalam harian. Artinya, kurang lebih tujuh juta pengguna Path mengaksesnya dari Indonesia.


"Itu membuat Indonesia jadi pasar nomor satu untuk Path sekarang. Itu membuat saya datang ke sini (Jakarta). Saya ingin mempelajari karakter orang-orang di sini. Apa yang mereka suka, inginkan. Setelah itu kami buatkan inovasinya di Path," jelas Morin.


"Bagi saya, Indonesia memiliki banyak orang yang melek inovasi dan teknologi," kata pria yang membesarkan Path sejak tahun 2010 itu.


Path adalah media sosial privat yang berjalan di perangkat mobile, memungkinkan pengguna berbagi pesan dan foto. Media sosial satu ini unik karena menyasar segmen muda agar mereka tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman dekat, sehingga jumlah teman dibatasi hanya 150 per akun.


"Pengguna aktif terbesar kami adalah perempuan rentang usia 19-20 tahun. Jumlah perempuan melebihi jumlah laki-laki di Path," papar Morin.


Lalu, apa bocoran inovasi yang sedang disiapkan untuk pengguna Path di Indonesia? "Ada. Kami memang sedang mempersiapkan sesuatu yang baru di Path. Tapi, saya tidak membicarakannya sekarang. Tunggu saja kejutan dari Path," katanya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya