Riset: 30% Orang Baca Berita dari Facebook

Facebook Mobile
Sumber :
  • todayonline.com
VIVAnews -
Menlu Retno Yakin Ada Upaya Sistematis Hambat Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza
Sebuah riset yang dilakukan Pew Research Center menyatakan bahwa 30 persen warga Amerika Serikat melihat dan mengklik berita dari Facebook.

Timnas Inggris Dapat Kabar Buruk dari Harry Kane

Temuan ini menunjukkan bahwa jejaring sosial telah membantu situs-situs berita menyebar pemberitaannya kepada masyarakat.
Ben Affleck Dikabarkan Tinggal Terpisah dari Jennifer Lopez, Rumor Perceraian Menguat


Melansir
Mashable,
Minggu 27 Oktober 2013, dari jumlah 30 persen itu 78 persen di antaranya mengaku tidak berniat membaca berita melalui Facebook. Namun, mereka hanya kebetulan melihat berita setelah memperbarui status dan melihat status teman-temannya, lalu mengkliknya.


Lalu, hanya 16 persen dari 30 persen warga AS yang benar-benar mencari berita dengan memantau lini masa jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu.


"Sebenarnya rata-rata orang masuk ke Facebook hanya untuk berbagi momen pribadi. Lalu, mereka secara kebetulan melihat-lihat berita yang terpampang di News Feed," kata Amy Mitchell, Direktur Pew Research Center.


Dia menambahkan, sifat kebetulan itu justru menempatkan Facebook menjadi sumber berita dan informasi bagi orang-orang yang tidak terlalu mengikuti perkembangan berita yang terjadi di luar.


"Namun, tetap saja Facebook adalah cara terbaik untuk mendapat berita tanpa harus mencarinya," ujar Mitchell, mengutip komentar dari respondennya.


Riset yang dilakukan Pew Research Center ini melibatkan 5.173 warga AS yang berusia 18 tahun ke atas.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya