Ditemukan, Planet 'Kesepian' Tanpa Ditemani Bintang

planet kesepian
  • logilmu.blogspot.com
VIVAnews - Tim astronom berhasil menemukan sebuah planet baru yang mengambang sendiri di ruang angkasa tanpa ada bintang yang mengorbit. Alhasil planet itu dijuluki sebagai planet kesepian.
Wasit Musuh Terbesar Timnas Indonesia U-23, Ini 4 Kontroversi Nasrullo Kabirov Semalam

Dilansir Space, 13 Oktober 2013, temuan planet baru pertama kali terdekteksi oleh Teleskop Pan-STARRS 1 (PS1) yang diletakkan di Gunung Berapi Maui Haleakala, Hawai. Posisi planet itu sekitar 12 tahun cahaya dari Bumi.
Gibran Akui Ada Pembicaraan soal Kemungkinan Koalisi dengan PDIP

"Planet soliter itu diberi nama PSO J318.5-22 dan diperkirakan berumur 12 juta tahun. UKurannya planet PSO J318.5-22 cukup besar, enam kali ukuran planet Jupiter," kata Michael Liu, Peneliti dari Institute Astronomy di University of Hawaii, Manoa, Amerika Serikat.
Soal Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Adopsi Anak, Ramalan Hard Gumay Bikin Tercengang

Liu menambahkan, tim astronom sebelumnya tidak pernah menemukan planet muda baru yang mengambang di ruang angkasa sendirian. Harusnya, karakteristik dari planet muda adalah di sekitarnya pasti ditemukan bintang-bintang.

"Mengapa planet itu soliter? Itu yang sedang kami cari tahu bersama tim astronom lainnya," ujar Liu.

Temuan planet PSO J318.5-22 telah membuka jalan baru bagi astronom untuk memahami sifat dari planet-planet yang ada di luar Tata Surya. Namun, hanya beberapa planet baru yang sudah dipelajari.

"Planet PSO J318.5-22 adalah satu dari ratusan eksoplanet -planet-planet yang berada di luar sistem tata surya-. Planet itu perlu dipelajari lebih jauh karena tidak ditemukan bintang di sekitarnya," kata Niall Deacon, Peneliti dari Max Planck Institute for Astronomy, Jerman.

Dalam 10 tahun terakhir, tim astronom telah menemukan lebih dari 800 eksoplanet. Tapi, banyak astronom yang memprediksikan masih ada milyaran eksoplanet di alam semesta.

"Mencari eksoplanet hampir sama dengan mencari jarum di tumpukan jerami. Kami berharap dengan menggunakan Teleskop PS1 dapat ditemukan lagi puluhan atau ratusan eksoplanet lainnya," ujar Deacon. (ren)