TEKNOLOGI

FOTO: Pulau Menakjubkan Muncul Akibat Gempa

Pulau Zalzala Koh, terbentuk dari lumpur yang meletus dari dasar laut.

ddd
Senin, 7 Oktober 2013, 12:44
Pulau Zalzala Koh [foto ilustrasi]
Pulau Zalzala Koh [foto ilustrasi] (REUTERS/Stringer)
VIVAnews - Gempa bumi berkekuatan 7,7 skala richter telah mengguncang Pakistan pada 24 September silam. Gempa itu mengakibatkan lebih dari 500 orang tewas. Namun, usai gempa dahsyat itu telah muncul sebuah pulau baru di pesisir Gwadar, wilayah Balukistan.

Melansir Live Science, 7 Oktober 2013, dari beberapa citra satelit di ruang angkasa, terlihat sebuah struktur aneh di lepas pantai kota Gwadar. Bentuknya bulat, datar, dan terdapat celah-celah seperti lumpur kering.

Foto udara yang didapat oleh National Institute of Oceanography Pakistan menunjukkan, pulau baru memiliki ukuran panjang 576,4 meter dan lebar 524,9 meter. Sedangkan, gundukan lumpur yang berwarna abu-abu memiliki luas sekitar 60-70 meter.

Menurut Shuhab Khan, Geoscientist dari University of Houston, AS, pulau baru yang diberi nama Zalzala Koh itu terbuat dari lumpur yang meletus dari dasar laut.

"Saat itu, sebuah gas besar terperangkap di dalam permukaan laut dan akhirnya meletus menciptakan aliran lumpur besar," kata Khan.

Menurut James Hein, ilmuwan senior US Geological Survey, AS, gunung lumpur itu terbentuk ketika air panas di bawah tanah bercampur dengan sendimen dan gas, seperti metana dan karbon dioksida.

"Goncangan gempa bumi telah meretakkan permukaan tanah dan mengeluarkan berton-ton lumpur dari dalam tanah," jelas Hein.

Kejadian munculnya pulau baru setelah terjadi gempa bumi di Pakistan bukan hal baru. Sebelumnya, di tahun 1945 dan 2001 juga pernah muncul pulau baru setelah terjadi sebuah gempa bumi di negara seluas 796,095 kilometer persegi itu.

"Namun, pulau-pulau yang berasal dari lumpur itu hanya bertahan dalam hitungan tahun. Lumpur-lumpur mulai terkikis deburan gelombang laut dari badai hujan di laut Pakistan," tutup Hein.

Berikut foto-fotonya:









© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com