Andi Arief Yakin Ada Pintu Masuk Gunung Padang

Wisatawan Situs Megalitikum Gunung Padang
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Gunung Padang, Cianjur, yang diinisiasi Staf Khusus Presiden, Andi Arief, menyakini ada akses masuk untuk memasuki Situs Gunung Padang, di Cianjur, Jawa Barat.

Jiper Disikat Hizbullah, 40 Persen Warga dan Tentara Kabur dari Utara Israel

"Ini menjadi pertaruhan bersama kita," kata Andi Arief saat melaporkan hasil riset ke Pemprov Jabar di Bandung, Kamis 3 Oktober 2013.

Dia mengatakan, hal itu berdasarkan hasil penemuan adanya ruangan-ruangan besar yang mengindikasikan adanya akses masuk ke dalam gunung. "Akses masuknya diperkirakan di luar situs, tapi dekat situs dalam kedalaman 8-10 meter," ujarnya.

Dia pun meminta seluruh elemen masyarakat ikut membantu dalam penelitian ini, dan membuktikan bahwa benar terdapat akses masuk gunung mirip piramida itu.
Soal pemugaran, Tim Riset menyerahkan pemugaran kepada Pemda atau Direktorat Pelestarian Cagar Budaya Dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam siaran pers yang dikirim ke VIVAnews, TTRM menyatakan, penelitian Situs Gunung Padang bukan kasus cagar budaya dan riset biasa. Ini adalah "frontier research" untuk menggali peradaban Nusantara secara multidisiplin dan menggunakan metodologi-teknologi mutakhir di bidang eksplorasi geologi-geofisika. Akumulasi hasil riset TTRM yang dilakukan dalam 2 tahun terakhir berhasil membuktikan bahwa situs ini sangat luarbiasa bahkan "beyond imagination".

Temuan TTRM antara lain situs megalitik ini berupa struktur teras-teras yang tersusun dari batu-batu kolom basaltik andesit yang terlihat di permukaan bukan hanya menutup bagian atas bukit seluas 50x150 meter persegi saja tapi menutup seluruh bukit seluas minimal 15 hektare.

Hal ini sudah terbukti tanpa keraguan lagi setelah dilakukan pengupasan alang-alang dan pohon-pohon kecil di sebagian lereng timur oleh Tim Arkeologi pada bulan Juli 2013.

Batu-batu kolom penyusun ini berat satuannya ratusan kilogram, berukuran diameter puluhan sentimeter dan panjang sampai lebih dari satu meter. Dapat dibayangkan mobilisasi dan pekerjaan menyusun kolom-kolom batu ini sama sekali bukan hal yang mudah. Kemudian tim  melakukan lagi uji radiocarbon dating dari sampel tanah di dekat permukaan. 

Viral Tukang Parkir Liar Minimarket Getok Tarif Rp 15 Ribu buat THR

Hasilnya menguatkan umur radiokarbon sebelumnya bahwa umur dari situs yang terlihat di permukaan ini adalah dalam kisaran 500 sampai 1000 tahun sebelum Masehi.

Jadi lapisan atas Gunung Padang adalah monumen megah bergaya seperti Machu Pichu di Peru tapi umurnya jauh lebih tua dan berada pada masa prasejarah Indonesia. 

Temuan ini saja sudah luar biasa karena selain monumen megalitik yang besarnya sampai 10x Candi Borobudur, membuktikan sudah ada peradaban tinggi di Indonesia pada masa prasejarah yang selama ini dianggap zaman berbudaya masih sederhana.  Dengan kata lain hal ini akan mengubah sejarah Indonesia dan Asia Tenggara.

Indonesia Lifts Restrictions on Migrant Workers' Carry-on Goods
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (Doc: AP Photo)

Ngotot Balas Serangan Iran, PM Israel Tolak Angkat Telepon Pemimpin Barat

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu menegaskan bahwa Israel akan membalas serangan drone dan rudal jelajah Iran secara bijak, bukan secara emosional.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024