InterBrand: Apple, Perusahaan Terbaik di Dunia

Logo Apple
Sumber :
  • ipadwallpaperhd.com
VIVAnews -
Pengakuan Pelatih Bali United Usai Dilibas Persib Bandung
Kedigdayaan Apple berlanjut. Perusahaan besutan Steve Jobs itu dinobatkan sebagai perusahaan dengan produk terbaik tahun ini yang dikeluarkan InterBrand.

Meninggal Dunia, Salim Said Akan Dimakamkan di TPU Tanah Kusir

Performa Apple itu menyingkirkan perusahaan minuman ringan dunia, Coca-Cola yang menyandang gelar terbaik tahun lalu. Coca-Cola kini menduduki peringkat tiga.
Salim Said Tokoh Pers Nasional Meninggal Dunia


Dilansir New York Times,
Selasa 1 Oktober, keberhasilan Apple menduduki peringkat pertama itu juga menjadi kekalahan pertama Coca-Cola sebagai perusahaan dengan produk terbaik secara global.


"Ini hanya soal waktu. Tahun ini rajanya adalah Apple," ujar Jez Frampton, Kepala Eksekutif Global Interbrand.


Tahun lalu, Apple menempel ketat Coca-Cola, padahal pada tahun 2011 silam, Apple masih berada di posisi ke delapan.


Laporan Best Global Brand itu memperkirakan, nilai merek produk Apple mencapai US$98,3 miliar setara Rp1.300 triliun. Angka itu naik 28 persen dari laporan yang sama tahun lalu. Sementara, meski kalah dari Apple, nilai produk Coca-Cola juga meningkat dua persen jadi US$79,2 miliar, setara Rp910 triliun.


"Meski Coca-Cola perusahaan yang efisien, pemasarannya berkembang, tapi Apple dan merek perusahaan teknologi lain telah menjelma jadi merek-merek yang sangat ramai di komunitas pemasaran," ujar Framton memberi alasan.


Terbukti pada daftar 10 besar peringkat perusahaan terbaik tahun ini, di luar Apple, bercokol lima perusahaan teknologi, yakni Google (peringkat 2), IBM (4), Samsung (8), dan Intel (9).


"Brand seperti Apple, Google dan Samsung, benar-benar mengubah perilaku kita sehari-hari, bagaimana kita membeli, berkomunikasi sampai berbicara satu sama lain," dia menambahkan.


Mengomentari kekalahan itu, Coca-Cola yang telah jadi juara bertahan selama 13 tahun mengakuinya.


"Kami merasa terhormat dimasukkan dalam perusahaan merek terbaik global. Kami mengucapkan selamat kepada Apple dan Google, yang lebih baik dari kami," ujar Joseph V Tripodi, Wakil Presiden Eksekutif, Kepala Pemasaran dan Kepala Kepemimpinan Komersil Coca-Cola.


Menurutnya, nilai merek produk teknologi telah meningkat pesat karena sukses menciptakan cara baru berkomunikasi secara virtual.


BlackBerry Terdepak


Tapi ada yang menarik. Di peringkat berapa Facebook, Blackberry maupun Nokia?


Ternyata Facebook menduduki peringkat 52, naik 17 peringkat dibandingkan 2012. Sesuai kinerja bisnisnya, Nokia terjun ke posisi 57 dari posisi 19 dari tahun sebelumnya.


Dan, BlackBerry semakin suram. Setelah anjlok ke posisi 93 tahun lalu dari posisi 56 pada 2011, tahun ini perusahaan Kanada itu hilang dari daftar 100 perusahaan terbaik.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya