TEKNOLOGI

Umur Bulan Ternyata Lebih Muda 100 Tahun

Menurut analisis terbaru, Bulan berusia 4,4-4,45 miliar tahun.

ddd
Kamis, 26 September 2013, 00:05
Supermoon terlihat di atas kuil Poseidon di Cape Sounion, Athena [foto ilustrasi]
Supermoon terlihat di atas kuil Poseidon di Cape Sounion, Athena [foto ilustrasi] (REUTERS/Yannis Behrakis)

VIVAnews - Tim peneliti dari Carnegie Institution for Science, Amerika Serikat, mengungkapkan, berdasarkan penelitian terbaru ditemukan bahwa ternyata umur Bulan 100 tahun lebih muda dari dugaan sebelumnya.

Melansir Space, 24 September 2013, teori yang diyakini sampai saat ini menyatakan, Bulan tercipta oleh benturan sebuah planet misterius, yang berukuran lebih besar dari Mars, dengan Bumi sekitar 4,56 miliar tahun yang lalu.

Tapi, berdasarkan analisis terbaru, Bulan sebenarnya berusia 4,4 sampai 4,45 miliar tahun yang lalu. Dari temuan baru itu diketahui bahwa Bulan memiliki umur 100 tahun lebih muda dari perkiraan sebelumnya.

"Ada beberapa implikasi penting dari formasi baru dari umur Bulan yang baru diketahui ini," kata Richard Carlson, peneliti utama di Carnegie Institution for Science.

Ilmuwan mengatakan, umur dari Tata Surya sekitar 4,5 miliar tahun. Itu benar. Temuan itu berdasarkan analisis dari pembentukan asteroid dan atsmosfer purba Bumi.

"Contohnya adalah analisis meteorit yang berasal dari asteroid Vesta yang menghujani Bumi pada 4,56 miliar tahun lalu. Kandungan Vesta ditemukan di Bumi dalam bentuk vulkanisme," jelas Carlson.

Carlson juga menyampaikan, sampai saat ini belum ada yang tahu proses dari terbentuknya Bulan dan Bumi. Tapi, cara yang tepat untuk menentukan usia Bulan adalah dengan menganalisis bebatuan yang ada di lautan Bulan.

"Usia dari batuan yang ditemukan di lautan Bulan diperkirakan berusia 4,36 miliar tahun yang lalu. Sementara dari hasil penelitian para ilmuwan menyatakan Bulan berusia 4,45 miliar tahun lalu. Jadi, sangat jelas bahwa usia Bulan 100 tahun lebih muda dari dugaan sebelumnya," tutup Carlson. (eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com