AMD Luncurkan Prosesor Cepat Generasi Ketiga

Prosesor AMD
Sumber :
  • inpai.com
VIVAnews
Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada
- Memenuhi kebutuhan tren komputasi yang memiliki performa yang tinggi, vendor semikonduktor Amerika Serikat, AMD, meluncurkan tiga lini Accelerating Processing Unit (APU) generasi ketiga. Tiga lini itu AMD APU Elite Mobility 2013 dengan kode nama Temash, AMD APU Mainstrem 2013 dengan kode nama Kabini dan AMD APU Elite Performance dengan kode nama Rihcland.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Consumer Business Lead AMD Indonesia, Victor Herlianto, Kamis 12 September 2013, menjelaskan AMD masih giat dalam kategori APU mengingat kebutuhan masih tinggi. Terlebih lagi APU yang merupakan kombinasi antara CPU dan GPU menawarkan kinerja yang lebih cepat. Secara mudah APU mempersingkat kinerja tanpa harus melalui CPU maupun GPU.
Makin Panas, Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Adu Jotos di Ring Tinju


"Komputasi saat ini banyak grafis. Browsing, YouTube, foto dan video yang butuh grafis. Intinya ada tren kemampuan komputasi itu makin tinggi," jelas Victor usai peluncuran produk di @41 Building, Kawasan Grand Indonesia, Jakarta.


Ia menambahkan untuk prosesor AMD APU Elite Mobile 2013 terdiri dari A4 Elite Dual Core, A6 Elite Dual Core dan A8 Elite Quad Core; AMD APU Mainstrem punya dua varian A4 Dual Core dan A8 Quad Core; sedangkan AMD APU Elite Performance punya dua varian A8 Elite Quad Core dan A10 Elite Quad Core.


Ditambahkan Victor, prosesor A4 dan A6 mengandalkan kemampuan konsumsi daya yang rendah.


"Kalau A4 konsumsi daya hanya 8 watt, A4 lebih kecil dari 4 watt. Sebagai perbandingan rata-rata konsumsi notebook itu 17-20 watt," jelasnya.


Sedangkan A8 dan A10 diklaim memiliki kemampuan grafis yang mumpuni bagi para penikmat game.


Prosesor jenis Elite Mobility dikhususkan untuk perangkat mobile notebook layar sentuh mini dan tablet layar 13 inchi atau lebih kecil. Untuk Mainstrem 2013 diplot untuk mempersenjatai PC maupun desktop kelas standar dan normal sedangkan Elite Performance memasok perangkat perangkat dengan kebutuhan grafis yang tinggi.


AMD menurutnya akan terus meningkatkan kemampuan prosesor APU menjadi lebih baik. Untuk 2014 nanti, Victor mengatakan AMD akan mengeluarkan versi generasi keempat prosesor APU. Sebagai catatan, AMD telah mengembangkan prosesor APU sejak 2011 silam.


"APU tetap jadi andalan kami sampai tahun depan. Kita tahu kebutuhan tren komputer itu makin cepat," kata dia.


Prosesor tersebut akan disematkan ke berbagai perangkat produk vendor komputasi Acer, HP, Lenovo, MSI, Samsung, Toshiba dan Dell. (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya