TEKNOLOGI

Berapakah Harga iPhone 5S dan iPhone 5C?

Menurut rumor, iPhone 5C tidak semurah yang dibayangkan.
Selasa, 10 September 2013
Oleh : Muhammad Chandrataruna, Amal Nur Ngazis
iPhone 5S diperkirakan muncul dengan warna emas [ilustrasi]
VIVAnews - Salah satu yang akan menyedot perhatian dalam acara peluncuran produk terbaru Apple adalah iPhone versi murah, iPhone 5C.

Nah, ngomong-ngomong soal berapa harga pasti iPhone 5C, masih terlalu beragam prediksi. Tentu banyak yang berharap, harga iPhone 5C bisa terjangkau olah pengguna Apple di berbagai belahan dunia.

Seorang teknisi dan pemerhati finansial dari Silicon Valley and Wall Street, Sammy the Walrus IV, terdapat prediksi harga murah iPhone dalam dua kategori berdasarkan adanya subsidi atau tidak dalam pasar sebuah negara tertentu.

Untuk kawasan yang disubsidi ini merujuk pada kontrak tahunan dengan operator seluler. Mekanisme ini biasa dilakukan di pasar Amerika Serikat, dilansir Business Insider, Selasa 10 September 2013.

Diprediksi untuk pasar negara yang biasa menerapkan subsidi harga, iPhone 5S dengan opsi 128 GB yang kemungkinan muncul dengan warna emas, pemindai sidik jari, peningkatan kamera, dan prosesor diperkirakan US$199 setara Rp2,2 juta.

Sementara untuk iPhone 5C, yang kemungkinan tersedia dalam pilihan beragam warna, dibanderol US$99 setara Rp1,1 juta. Tentu di balik harga yang murah, ada kontrak berlangganan selama periode waktu tertentu pada pelanggan.

Sementara di negara-negara yang tidak menerapkan mekanisme subsidi, harga iPhone 5S dengan 128 GB dan kategori yang sama di atas diperkirakan berkisar mulai US$650, setara Rp7,2 juta.

Sementara iPhone 5C diprediksi seharga US$499 setara Rp5,54 juta.

iPhone berkategori murah itu memang tidak semurah yang dibayangkan. Pasalnya, sudah hampir memuncak, harga kisaran iPhone murah ada pada kisaran Us$399-US$499 setara Rp4,4 -5,5 juta. (umi)
TERKAIT
TERPOPULER