Setelah Dibeli Microsoft, Apa Kabar Symbian?

Asha 308 dan Asha 309 besutan Nokia
Sumber :
  • engadget.com
VIVAnews -
Masa Penahanan Harvey Moeis Diperpanjang, Kejagung Ungkap Alasannya
Raksasa peranti lunak komputer dunia, Microsoft telah mencapai kata sepakat untuk mengakuisisi divisi ponsel Nokia, beserta hak-hak patennya. Nilai akuisisi itu seharga US$7,2 miliar, atau setara Rp78,8 triliun.

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania

Menurut Tony Seno Hartanto,
Cha Eun Woo Nyanyikan Lagu-Lagu Album Entity Saat Fan Concert di Jakarta
National Technology Officer Microsoft Indonesia, akuisisi itu merupakan babak baru bagi Microsoft dalam memperkuat bisnis di sisi perangkat ponsel pintar.


Seperti diketahui, Nokia memiliki sistem operasi sendiri untuk ponsel-ponselnya, seperti Symbian dan platform Asha. Lalu, paska diakuisisi oleh Microsoft, bagaimana kabar sistem operasi itu? Apakah semuanya akan ditinggalkan Nokia?


"Kalau saya lihat dari sisi masa depan harusnya seperti itu, sistem operasi harusnya satu saja," ungkap Toni, saat ditemui di acara jumpa pers "Transformasi & Keamanan Informasi Pemerintah Indonesia," Jakarta, 4 September 2013.


Tony memprediksi, ke depannya semua orang pelan-pelan akan menuju ke user interface yang nyaman digunakan dengan fitur
touchscreen,
seperti yang dimiliki oleh Windows 8.


"Rencana masa depan Microsoft adalah membuat semua produk, mulai dari ponsel pintar, tablet, PC, server, dan lainnya, menggunakan sistem operasi yang sama, yaitu kernel Windows 8," ujar Tony.


"Microsoft akan membuat satu platform sistem operasi yang tampilannya bisa muncul di ponsel pintar, tablet, dan PC," jelas Tony.


Dia juga mengatakan, sistem operasi Windows 8 tidak ekslusif hanya untuk produk-produk buatan Microsoft, karena pada dasarnya sistem operasi ini diciptakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan.


"Jadi, konsepnya Windows 8 akan tumbuh bersama dengan para partner. Microsoft juga akan tetap bekerja sama dengan para vendor-vendor," tutup Tony.


Selama ini, selain dengan Nokia, Microsoft juga bekerja sama dengan beberapa vendor raksasa untuk OS Windows Phone, seperti HTC, Huawei, Samsung, Acer, Alcatel, LG, ZTE, dan Dell.  (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya