Lagi, Asteroid Besar Sedang Dekati Bumi

Ilustrasi Asteroid menabrak Planet Bumi.
Sumber :
  • secretsofthefed.com

VIVAnews - Ilmuwan di Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil menangkap gambar asteroid besar yang datang mendekati Bumi pada bulan ini.

Melansir Space, radar NASA berhasil mendeteksi kedatangan asteroid bernama 2005 wk4 sedang melintasi Bumi dengan jarak 1,93 juta mil, atau sekitar 3,1 juta kilometer.

Sebagai perbandingan, jarak itu adalah 8,2 kali jarak antara Bumi dan Bulan.

Pejabat NASA mengatakan, asteroid 2005 wk4 memiliki ukuran sekitar 200-300 meter. Saat ini, jarak antara asteroid dan Bumi masih cukup jauh, dan masuk dalam kategori jarak yang aman.

NASA terus memantau pergerakan asteroid 2005 wk4 dengan menggunakan Space Network Antenna yang berada di Goldstone, California, AS.

Antena yang berfungsi sebagai radar itu memiliki ketinggian 70 meter, dan berfungsi untuk memantai obyek-obyek benda yang mendekati Bumi.

"Radar itu mampu mempelajari ukuran, bentuk permukaan, dan putaran dari asteroid, sehingga para ilmuwan dapat memprediksi jarak orbit dari sebuah asteroid," kata Pejabat NASA.

"Untuk asteroid 2005 wk4, jaraknya masih tergolong aman. Belum terlihat potensi asteroid akan membentur Bumi," tandasnya.

Berikut gambar asteroid 2005 wk4 yang berhasil ditangkap NASA:

Aliando Sebut Prilly Latuconsina Mantan Terindah, Ada Penolakan Main Film Bareng?

Sampai saat ini, para ilmuwan NASA terus melakukan pemantauan terhadap asteroid-asteroid yang mendekati Bumi dan berpotensi mengancam.

Pada bulan Juni lalu, para ilmuwan NASA juga telah menemukan 10.000 obyek dekat bumi. Meskipun jumlahnya banyak, tapi masih banyak benda-benda luar angkasa lain yang harus dicari dan berpotensi membahayakan Planet Bumi di masa depan.

"Dari seluruh obyek dekat bumi yang telah diketahui, hampir 10 persennya memiliki ukuran satu kilometer. Jika salah satu dari obyek itu menyerang Bumi tentu akan menyebabkan masalah global di dunia," tutup Pejabat NASA.

Klik juga

Anies dan Cak Imin Kompak Datang ke KPU: Kita Hormati Proses Bernegara
Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Meski TikToker Galih Loss minta maaf atas konten berbau penodaan agama yang dibuat, polisi menegaskan proses hukum terhadap apa yang dilakukan Galih tetap berlanjut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024