Sama Seperti Manusia, Katak Betina Selektif Pilih Pasangan

Dua katak lembu untuk diekspor
Sumber :
  • Antara/ Arief Priyono
VIVAnews -
Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024
Tim peneliti dari University of Minnesota, Amerika Serikat, menemukan bahwa katak betina lebih memilih kawin dengan katak jantan yang bisa melakukan banyak pekerjaan. Selera katak itu sama seperti manusia, yang memilih pasangan yang bisa melakukan banyak pekerjaan.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Dilansir
Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga
Nature World News , 19 Agustus 2013, penelitian ini juga mendukung hipotesis mengenai multitasking, yang menunjukkan bahwa perempuan lebih memilih laki-laki yang dapat mengelola banyak pekerjaan dalam satu waktu.


Para peneliti menemukan katak jantan yang berasal dari spesies Hyla chrysoscelis, atau katak abu-abu asli dari Amerika Utara, dapat menghasilkan suara panggilan kawin yang panjang.


Menurut Jessica Ward, peneliti utama, biasanya durasi suara panggilan kawin pada katak jantan sekitar 20 sampai 40 denyut nadi perpanggilan. Rata-rata setiap panggilan terjadi antara 5 sampai 15 kali per menit.


"Penelitian ini telah mendengarkan 1.000 panggilan kawin. Kami menemukan katak betina lebih memilih katak jantan yang mampu membuat suara panggilan yang lebih panjang dan lebih sering," kata Ward.


Temuan ini juga mendukung hasil hipotesis yang berlaku pada manusia, bahwa perempuan lebih memilih pasangan yang mampu mengerjakan tugas yang rumit pada suatu waktu. 


"Kita sebagai manusia juga mungkin akan lebih memilih mitra yang multitasking, seperti seseorang yang memiliki penghasilan lebih baik, memasak makan malam, mengelola keuangan, dan menjaga anak-anak," ungkap Ward.


Penelitian ini sudah diterbitkan di Jurnal Animal Behavior. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya