FOTO: Manusia Tertua di Dunia Berusia 123 Tahun

Carmelo Flores, Manusia Tertua di Dunia
Sumber :
  • REUTERS/David Mercado

VIVAnews - Pejabat di Bolivia percaya penggembala bernama Carmelo Flores Laura yang tinggal di gubuk di dusun kecil Frasquia di dekat Danau Titicaca, Bolivia, adalah manusia tertua di dunia yang masih hidup hingga sekarang.

Menurut laporan The Mirror yang dikutip Orange.co.uk, Sabtu 17 Agustus 2014, Carmelo masih sangat sehat, meski semua giginya telah tanggal. Pria yang bekerja sebagai petani ini setiap hari makan hasil dia berburu seperti daging ular, kadal, dan rubah.



Ia hanya minum air pegunungan, mengunyah daun koka, dan menghindari makanan atau minuman yang mengandung gula. Akibatnya dia tidak pernah menderita sakit parah. Bahkan, ia masih bisa berjalan dengan baik tanpa membutuhkan tongkat dan kacamata.

"Kami hanya makan apa yang kami temukan di alam liar. Ini membuat tubuh saya selalu terasa bugar," kata Carmelo.

Berdasarkan data di Kantor Catatan Sipil, pria yang telah menduda selama 10 tahun itu memiliki tiga anak, 16 cucu, dan 39 cicit. Seorang kerabatnya menyatakan Carmelo turut serta dalam perang melawan Paraguay pada tahun 1933.

Carmelo lahir pada tanggal 16 Juli 1890. Itu berarti, usianya kini telah mencapai 123 tahun.

Ini harus diverifikasi oleh Guinness Book of Records sebelum ia resmi dapat menyalip Jeanne Calment dari Perancis, yang meninggal pada usai 122 tahun pada 1997 lalu, sebagai orang tertua di dunia. (kd)

Menteri Budi Arie Sebut Kominfo Take Down Ribuan Hoaks Soal Pemilu 2024
Budi Arie Setiadi, Ketua Umum Projo, Menteri Komunikasi dan Informatika

Menkominfo: Hampir 92% Kebisingan Ruang Digital Isinya Buzzer

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa hampir 92 persen kebisingan yang terjadi dalam ruang digital di Indonesia dipenuhi oleh buzzer.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024