Riset: Sering Main Facebook Malah Bisa Kurang Bahagia

Jejaring sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic/Files

VIVAnews - Jejaring sosial Facebook dikenal berjasa menghubungkan banyak orang di seluruh dunia lewat Internet. Tapi, berdasarkan penelitian terbaru,  Facebook pun bisa membuat pengunjungnya kurang bahagia.

Menurut Science Daily, Kamis 15 Agustus 2013, klaim itu berdasarkan hasil penelitian tim dari Universitas Michigan, Amerika Serikat. Melalui riset ke sejumlah partisipan, mereka meneliti pengaruh penggunaan Facebook terhadap tingkat kebahagiaan dan kepuasan pengguna.

"Pada dasarnya Facebook memang menyediakan sumber untuk pemenuhan kebutuhan dasar manusia dalam berhubungan sosial," kata Ethan Kross, Psikolog Sosial dari Universitas Michigan.

Dia menambahkan, meskipun Facebook membuat orang-orang selalu merasa terhubung, jejaring sosial itu memiliki pengaruh yang kurang baik dalam bermasyarakat. "Tingkat kepuasan hidup bermasyarakat pengguna Facebook terus menurun dari waktu ke waktu," ujarnya.

Sementara itu, menurut John Jonides, Neuroscientist dari University of Michigan, interaksi langsung dengan orang lain ternyata lebih membuat orang-orang merasa puas dan bahagia. "Dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pengguna Facebook akan memengaruhi tingkat kebahagiaan dan kepuasaan dari waktu ke waktu," ungkap Jonides.

Penelitian ini telah meneliti 82 orang dewasa pengguna Facebook yang menggunakan jejaring sosial melalui ponsel pintar. Para peneliti mengukur tingkat berpikir dan perilaku pengguna sehari-hari.

Setiap pengguna juga harus menjawab lima pertanyaan. Seperti bagaimana perasaan Anda sekarang?, bagaimana tingkat kekhawatiran Anda sekarang?, bagaimana tingkat kesepian Anda sekarang?, kapan terakhir kali menggunakan Facebook?, dan berapa banyak interaksi Anda dengan orang lain secara langsung?

Hasil penelitian ini sudah diterbitkan di Jurnal Plos One. (art)

Memahami Depresi: Mengenali Tanda-Tandanya dan Cara Mencari Bantuan
Ilustrasi Bahagia

Terpopuler: Negara Paling Bahagia di Asia sampai Ramalan Zodiak

Round-up dari kanal Lifestyle pada Selasa, 16 April 2024. Salah satunya tentang deretan negara yang paling bahagia di Benua Asia.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024