Bulan pada Jupiter Bisa Dihuni Manusia?

Permukaan Europa
Sumber :
  • NASA/Reuters

VIVAnews -- Banyak hal misterius yang menyelimuti Europa, satelit keenam yang mengitari Planet Jupiter. Meski begitu, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) percaya suatu hari nanti Europa bisa dihuni manusia.

Untuk membuktikannya, NASA telah menyiapkan tim peneliti yang akan mendarat di permukaan bulan yang diselimuti es itu. Dikutip dari laman Dailymail, 12 Agustus 2013, ada tiga fokus utama NASA dalam penelitian di bulan Europa.

Perjuangan Dinda Kanyadewi Main Film Badarawuhi di Desa Penari, Make Up sampai 6 Jam

Pertama, menyelidiki bahan-bahan non-es di permukaan, seperti: kandungan garam, bahan-bahan organik, dan kontaminan atau zat-zat lainnya. Fokus kedua adalah untuk memetakan bulan secara geofisika, seperti menyelidiki terbentuknya es di permukaan Europa melalui pengukuran seismologi dan medan magnet di dalam tanah.

Terakhir, NASA fokus bagaimana cara mendaratkan pesawat ruang angkasa di permukaan es Europa. Hal ini juga untuk mengetahui apakah bebatuan di sana mendukung adanya kehidupan. "Mendaratkan pesawat di permukaan Europa merupakan tantangan teknis tersulit selama beberapa tahun belakangan ini," kata Robert Pappalardo, peneliti ahli di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA.

Dia menambahkan tim peneliti masih fokus pada teknologi yang dibutuhkan untuk melakukan pendaratan di Europa. Ini adalah kunci utama agar para peneliti bisa meneliti di sana.

Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan

"Bulan Maret lalu, para peneliti telah mendapatkan bukti kuat bahwa di dalam lapisan es Europa terdapat lautan air asin yang kaya akan zat-zat kimia," tambah Pappalardo.

Sementara penelitian yang dilakukan oleh Profesor Mike Brown dari California Institute of Technology dan Kevin Hand dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA menemukan ada energi di dalam lautan air asin yang bisa mendukung kehidupan manusia. "Kami percaya terbentuknya lautan air asin di Europa hampir sama dengan terbentuknya laut air asin di Bumi," kata Brown.

Europa pertama kali diteliti oleh misi Voyager pada tahun 1979 dan Galileo pada tahun 1990-an. Selain Europa, para peneliti juga percaya bahwa Encelade, bulan Planet Saturnus, juga bisa mendukung kehidupan manusia.

Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Pengamat politik yang merupakan Peneliti Utama BRIN menyebut upaya Prabowo Subianto untuk merangkul parpol lain non-pendukungnya, sesuai dengan janji kampanyenya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024