Setahun Kendaraan Robotik Jelajahi Planet Mars, Apa Hasilnya?

Mars Curiosity Rover
Sumber :
  • REUTERS/NASA/JPL
VIVAnews
Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension
- Curiosity, kendaraan robotik atau rover milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah satu tahun menjelajahi Planet Mars untuk menemukan unsur kehidupan.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Rover Curiosity pertama kali didaratkan di Planet Merah oleh NASA Mars Science Laboratory (MLS) pada 6 Agustus 2012. Diawali dari daerah yang dikenal dengan Kawah Gale, robot enam roda itu memulai penjelajahannya di Mars.
Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus


Dilansir
Space
, Selasa 6 Agustus 2013, dalam 12 bulan pertama penjelajahannya di Mars, Curiosity memiliki tujuan utama untuk menemukan bukti lingkungan Mars di masa lalu pernah memiliki kandungan air yang cukup banyak, untuk mendukung kehidupan mikroba kuno.


Memasuki tahap kedua di misi tahun keduanya, Curiosity akan mulai meneliti wilayah bebatuan di Gunung Sharp yang memiliki kedalaman kawah mencapai 5,5 meter. Penyelidikan ini untuk mengetahui bagaimana lingkungan Mars berubah dan berevolusi.


Sementara dikutip dari
The New York Times
, misi Curiosity masih sangat panjang dalam meneliti Gunung Sharp. Tinggi gunung itu mencapai 4,4 kilometer, sehingga masih perlu banyak waktu untuk meneliti keseluruhan gunung.


"Sementara maksimal jarak tempuh Curiosity hanya 100 meter per hari. Untuk meneliti keseluruhan Gunung Sharp diperkirakan akan memakan waktu sampai depalan hingga sembilan bulan," kata John P. Grotzinger, pimpinan misi Curiosity.


Dia menambahkan, di misi Curiosity tahun kedua ini tidak terlalu menarik, karena hanya melewati daerah-daerah yang tandus. Namun, kendaraan robotik itu telah dilengkapi oleh beberapa fitur baru dalam mengambil gambar.


Meskipun misi utama rover Curiosity hanya dua tahun, tapi sebenarnya robot itu mampu menjelajahi Planet Mars lebih lama lagi.


"Sekarang yang kami lakukan adalah untuk menghindari kesalahan seperti pada bulan Februari lalu. Rover Curiosity mengalami kerusakan pada sistem memorinya dan membuatnya tidak mampu bekerja selama beberapa minggu," kata Jennifer H. Trosper, Wakil Manajer Proyek Curiosity.


Berdasarkan data dari NASA, di tahun pertama penjelajahan Curiosity di Planet Mars telah menghasilkan 36.700 foto, dan sudah 75.000 kali menembakkan laser ke bebatuan dan tanah untuk dianalisis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya