TEKNOLOGI

Jepang Kirim Robot yang Bisa Berbicara ke Luar Angkasa

Bisa berbicara dengan orang.Langkah spektakuler dari Jepang.
Selasa, 6 Agustus 2013
Oleh : Hadi Suprapto, Amal Nur Ngazis
Kirobo, robot luar angkasa Jepang
VIVAnews - Akhirnya Jepang telah meluncurkan robot mini yang mampu berbicara dengan manusia ke ruang angkasa untuk pertama kalinya, Minggu 4 Agustus 2013.

Seperti dilansir BBC, robot yang bernama Kirobo itu diluncurkan melalui roket tak berawak pada wahana antariksa di Pulau Tanegashima, Jepang.

Selain membawa robot Kirobo, roket itu juga membawa perbekalan seperti air minum, makanan, pakaian, dan perlengkapan kerja 6 astronot yang berada di atas Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS). Robot Kirobo ini dijadwalkan bergabung dengan para astronot pada 9 Agustus mendatang.

Pengiriman Kirobo merupakan bagian dari studi sejauh mana kolaborasi mesin robot dengan astronot dalam waktu yang lama.

Kirobo yang memiliki berat 1 kg dan tinggi 34 cm itu memang didesain bisa berbicara dengan manusia dalam bahasa Jepang. Bukan itu saja, Kirobo juga mampu menyimpan rekaman percakapan dengan Wakata, astronot yang akan mengambil alih komandan ISS pada akhir tahun ini. Kirobo juga diharapkan menyampaikan pesan dari ruang kontrol astronot.

"Kirobo akan mengingat wajah Wakata sehingga mengenalinya saat mereka bergabung kembali di ruang angkasa," kata pengembang robot, Tomotaka Takahashi.

Takahashi berharap Kirobo bisa berfungsi sebagai mediator antara manusia dengan mesin, atau pun seseorang dengan internet.

Ia menambahkan dalam mengembangkan robot itu, tantangan terbesarnya adalah bagaimana membuat robot itu kompatibel dengan kondisi ruang angkasa.

Takahashi mengaku setidaknya puluhan uji coba telah dilakukan selama 9 bulan untuk memastikan kehandalan Kirobo.

Kirobo ternyata juga memiliki pasangan robot yang sama di Bumi, robot itu namanya Mirata. Robot di Bumi itu diposisikan memantau masalah elektronik kirobo yang kemungkinan terjadi dalam ruang angkasa.

Kirobo merupakan robot hasil besutan antar pengembang yaitu Takahashi, produsen mobil Toyota, dan perusahaan periklanan Dentsu.
TERKAIT
    Error

    An Error Was Encountered

    The configuration file ../../shared/config/ads/Array.php does not exist.