TEKNOLOGI

Upgrade Frekuensi 3G Tak Capai Target

Harusnya, upgrade itu rampung 30 persen ketika Lebaran nanti.

ddd
Senin, 29 Juli 2013, 12:51
Menara BTS [foto ilustrasi]
Menara BTS [foto ilustrasi] (reum-batteries.com)
VIVAnews - Upgrade penataan alokasi frekuensi 3G tidak mencapai target yang diharapkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Sebelumnya, Kominfo mematok target upgrade tersebut rampung 30 persen pada masa Lebaran.

"Per hari ini, upgrade baru 21 persen. Kayaknya nggak memenuhi target Lebaran. Pasalnya, ini pertama kali, bisa jadi operator hati-hati," jelas Gatot S Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo, di kantornya, Jakarta, hari ini.

Seperti diketahui, berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 19 Tahun 2013 tentang Mekanisme dan Tahapan Alokasi Pita Frekuensi Radio Pada Penataan Menyeluruh Pita Frekuensi Radio 2,1 Ghz, alokasi penataan 3G ditargetkan rampung dalam jangka waktu enam bulan terhitung sejak 21 Mei 2013.

Meski masih terkendala interferensi di berbagai tempat, Gatot yakin, penataan ulang ini bisa diselesaikan dengan pemasangan filter. Sebab, dampak interferensi hanya terjadi di BTS-BTS tertentu saja.

Ia juga yakin operator akan mentaati ketentuan jangka waktu enam bulan sesuai yang tercantum dalam permen tersebut. "Operator menyusun bareng-bareng kok," tutupnya.

Gatot menjelaskan, penataan alokasi frekuensi 3G memang didesain secara bertahap di zona-zona tertentu, tidak dilakukan secara serentak di seluruh zona. Sebab jika serentak, dapat beresiko terhadap gangguan jaringan.

Dengan upaya yang bertahap memungkinkan konsentrasi operator dan bisa menjamin stabilitas jaringan.

Ia melanjutkan, penataan 3G di tiap zona dilakukan dengan prinsip serentak oleh semua operator. Jadi, semua operator bergerak melaksanakan upgrade secara bersama-sama di suatu zona tertentu secara bertahap.

"Ritmenya sama semua operator bergerak untuk upgrade. Jadi saling mengisi," tambahnya.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com