Studi: Dinosaurus Punya Ratusan Gigi Cadangan

Dinosaurus jenis T-rex.
  • animaltheory.blogspot.com

VIVAnews - Tidak seperti manusia, dinosaurus kelihatannya tidak perlu memperhatikan kesehatan gigi. Pasalnya, penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Mount Aloysius College Pennsylvania, AS, menemukan bahwa dinosaurus mempunya ratusan cadangan gigi.

Temuan itu didapatkan para ilmuwan setelah meneliti gigi dari dinosaurus jenis Camarasaurus dan Diplodocus. Bukan hanya gigi cadangan yang sudah siap tumbuh, tapi juga menemukan adanya gigi baru untuk menggantikan gigi lama.

Menurut John Whitlock, profesor ilmu pengetahuan dan matematika di Mount Aloysius College Pennsylvania, temuan ini didapat setelah memeriksa beberapa fosil yang ada di museum.

"Tidak mudah menemukan gigi-gigi cadangan dinosaurus ini. Kami menghabiskan waku sampai enam bulan untuk mengeluarkan gigi dengan mata bor seukuran jarum," kata Whitlock, dilansir ABC News, 23 Juli 2013.

Whitlock menjelaskan, di bawah lapisan terluar gigi dinosaurus, ternyata ada beberapa gigi lagi di bawah yang siap untuk menggantikan gigi yang rusak.
"Jumlahnya mencapai 200 gigi. Mungkin bisa lebih banyak lagi," ujar Whitlock.

Agnez Mo Disomasi, Ari Bias Sebut Lagunya Dinyanyikan Tanpa Izin

Ilustrasi dinosaurus jenis Diplodacus dan ukuran fosil gigi yang ditemukan. (Abcnews)

Golkar Siapkan Menantu Pakde Karwo Lawan Eri Cahyadi di Pilkada Surabaya
Sementara menurut Michael D'emic, ahli paleontologi dari Stony Brook University, AS, dari hasil penelitian ini kami menyimpulkan bahwa dinosaurus Camarasaurus dan Diplodocus tidak memiliki waktu yang lama untuk mengganti giginya.
Besaran Dana Mengendap di Bank Pengaruhi Insentif dan Penilaian, Kemenkeu Ingatkan Pemda

"Dinosaurus jenis Camarasaurus akan mengganti giginya setiap dua bulan sekali. Sementara dinosaurus Diplodocus akan mengganti giginya sebulan sekali," kata D'emic.

Kendati dinosaurus itu memiliki ukuran yang sangat besar, tapi mereka mempunyai ukuran gigi yang kecil. "Untuk mengetahui ukurannya Anda cukup memotong sebuah pensil menjadi tiga bagian. Itu adalah ukuran giginya," tuturnya.

Melihat kebiasaan dinosaurus yang sering mengganti gigi dipastikan banyak fosil-fosil dinosaurus yang menunggu untuk ditemukan. "Gigi dinosaurus tidak keluar dalam bentuk gigi. Dinosaurus telah menghancurkannya menjadi potongan-potongan sebelum akhirnya keluar," tutup D'emic.