Fosil Ini Jelaskan Cara T-Rex Memangsa Makanan

Dinosaurus jenis T-rex.
  • animaltheory.blogspot.com
VIVAnews -
Jalanan di China Selatan Ambruk dan Longsor, 36 Orang Tewas
Binatang purba Tyrannosaurus rex, atau T-rex, dikenal sebagai dinosaurus karnivora yang ganas, menghancurkan mangsanya dengan rahang dan gigi geriginya.

Wisman Melancong ke RI Maret 2024 Merosot 1,91 Persen Jadi 1.041.861 Orang

Tapi, dalam 100 tahun terakhir, dilansir
5 Pemain Irak U-23 yang Mesti Diwaspadai Indonesia U-23
LAtimes.com, 18 Juli 2013, para ahli kerap memperdebatkan bagaimana cara raja dinosaurus itu memangsa makanannya.

Sebagian ahli meyakini, T-rex mendapatkan mangsa dengan berburu, dibantu gigi geriginya yang panjang serta kaki belakang yang kokoh dan besar.

Namun, sebagian ahli lainnya punya keyakinan berbeda. T-rex mendapatkan mangsanya dengan memulung, alias mengais bangkai mangsanya.

Nah, temuan fosil gigi dinosaurus baru di wilayah Hell Creek Formation, South Dakota, AS menjelaskan bagaimana sebenarnya T-rex mendapatkan mangsa.

Tim ahli paleontologi dari berbagai universitas telah meneliti fosil kepala gigi T-rex berukuran 1,5 inci. Fosil gigi itu tertinggal di antara ruas tulang belakang hadrosaurus—dinosaurus berparuh bebek yang memakan tanaman.

Dalam laporan yang diterbitkan di Jurnal
Proceedings of the National Academy of Sciences
itu, peneliti menyebutkan hadrosaurus telah diserang T-rex.

David Burnham, ahli paleontologi asal University of Kansas yang juga anggota tim penelitian mengatakan, kepala gigi T-rex yang ditemukan pada fosil hadrosaurus menunjukkan bagian yang mengakhiri kontroversi perilaku T-rex.

Burnham dan rekannya menambahkan, T-rex juga memakan bangkai, dibuktikan dengan fosil gigi yang menancap itu.

David Burnham (kanan) menunjukkan bekas gigitan gigi T-rex pada fosil hadrosaurus. (LAtimes)

Pendapat itu diperkuat oleh Thomas Holtz, paleontolog dari University of Maryland, yang berada di luar penelitian.

"Bangkai tentunya makanan yang tidak akan melawan, tentu T-rex tidak akan melewatkan santapan gratis," katanya.

Upaya penggalian tulang hadrosaurus sudah dilakukan sejak tahun 2007 silam untuk mempelajari ekologi kawasan prasejarah kawasan Hell Creek itu. (umi)