Jero Wacik: Tak Cukup Geotermal, Butuh Energi Nuklir

Menteri ESDM Jero Wacik tinjau PLTP Kamojang Garut
Sumber :
  • Antara/ Wahyu Putro
VIVAnews
Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam
- Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad, melirik tenaga nuklir sebagai sumber energi baru yang bisa menggantikan energi fosil. Menurutnya, penggunaan tenaga ini terbilang lebih cepat daripada energi lain.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

"Kalau persediaan kita kurang, mengapa tidak mencoba mengembangkan nuklir, katakanlah, dikembangkan dari sekarang. Sepuluh tahun baru jadi. Saya baru pulang dari Kalimantan Barat dan di sana banyak uranium. Di Bangka Belitung sudah selesai kajiannya. Kita ada barangnya, kok," kata Gusti dalam Sidang Dewan Energi Nasional ke-10 Tahun 2013 di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin 15 Juli 2013.
Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi


Begitu pula dengan pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik. Wacik menyarankan seharusnya Indonesia membuka pintu untuk tenaga alternatif seperti ini.


"PLTN, saat itu ada banyak perdebatan. Akhirnya, energi ini menjadi pilihan terakhir. Maksud kami, negeri ini membuka pintu untuk nuklir," kata dia.


Lagipula, kebutuhan energi ini sudah mendesak. Apabila terus mengandalkan stok sumber energi yang ada, kebutuhan energi domestik tidak akan terpenuhi. "Kebutuhan energi semakin besar. Kalau kita tomboki dengan geotermal, akan lama sekali. Industri perlu ribuan megawatt listrik," kata dia. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya