Ditemukan, Planet Biru Mirip Bumi Dihujani Kaca

Ilustrasi planet HD 189733b, berwarna biru mirip Bumi
Sumber :
  • sci-news.com

VIVAnews - Untuk kali pertama, para peneliti dari University of Exeter, Inggris, berhasil mengidentifikasi warna asli dari sebuah planet yang berada di luar sistem Tata Surya.

Planet yang memiliki nama HD 189733b itu diketahui berwarna biru tua. Hampir mirip dengan warna Bumi ketika dilihat dari ruang angkasa, seperti dilansir ZeeNews, 12 Juli 2013.

Sayangnya, Planet HD 189733b hanya memiliki kesamaan warna saja dengan Bumi. Planet yang berjarak 63 tahun cahaya dari Bumi itu sangat tidak cocok untuk kehidupan makhluk di Bumi karena suhu udara yang sangat panas.

Tak hanya itu, planet tersebut juga sangat berbahaya bagi manusia lantaran hujannya bukan air, tapi berupa kaca-kaca kecil.

Menurut astronom NASA dan ESA, ketika pertama kali ditemukan oleh Teleskop Hubble Space, planet HD 189733b terlihat sangat menarik hanya karena memiliki warna bersahabat, biru tua.

Frederic Pont, peneliti dari University of Exeter mengatakan, langkah awal dari penelitian ini adalah melihat warna dasar dari planet tersebut. "Tim kami mulai membayangkan bagaimana warna planet itu jika dilihat secara langsung," tuturnya penasaran.

"Selanjutnya, kami mulai mengukur seberapa banyak sinar matahari (di sistem Tata Surya itu) yang dipantulkan ke permukaan planet. Itu bertujuan untuk menghitung warna-warna planet atau dikenal sebagai albedo," jelas Pont.

Dia mengatakan, warna planet yang biru tua berasal dari pantulan lautan tropis, serupa dengan di Bumi. Tapi, atmosfer di planet itu dipenuhi oleh partikel-partikel silikat.

"Mungkin itu yang menyebabkan Planet HD 189733b memiliki hujan kaca, dan memantulkan cahaya biru," ujar Pont.

Saat ini, tim peneliti masih kesulitan mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan atmosfer di Planet HD 189733b dipenuhi oleh partikel silikat, terlebih karena planet itu berada di luar sistem Tata Surya.

"Tapi, kami terus melakukan pengamatan lebih lanjut untuk memastikan bagaimana keadaan di dalam planet itu. Secara perlahan, kami akan memberikan gambaran lengkap dari planet eksotis ini," tutup Pont.

Hasil dari penelitian ini sudah diterbitkan di Astrophysical Journal Letters. (umi)

Panglima TNI Blak-Blakan Soal Kembali Sebut KKB Papua jadi OPM
Putri Marino

Putri Marino: Parfum Bukan Hanya Tentang Aroma, Tapi Juga Jadi Cerminan Diri!

Untuk menunjang penampilan ada banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari mempercantik bulu mata hingga menggunakan parfum atau wewangian sesuai kepribadian

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024