Alat Navigasi Canggih untuk Pengendara Mobil

Alat navigasi canggih ala Garmin berteknologi head-up display (HUD)
Sumber :
  • techfieber.de
VIVAnews -
NasDem Belum Jelas Oposisi atau Gabung Pemerintah, Cak Imin: Mau Nanya Itu Sungkan
Perusahaan teknologi navigasi asal AS, Garmin, memperkenalkan perangkat navigasi
head up display
Chandrika Chika Ngaku Udah Pakai Narkoba Satu Tahun
(HUD) yang bisa diletakkan di kaca depan mobil.
Perjuangan Devano Danendra Bintangi Film Malam Pencabut Nyawa, Sampai Lakukan Hal Ini

Tentu saja perangkat ini bukan untuk gaya-gayaan. Alat ini mampu menampilkan peta jalan, jarak, maupun kecepatan sampai batas kecepatan yang diproyeksikan di kaca depan mobil, dilansir BBC,
Selasa 9 Juli 2013.


Uniknya, informasi navigasi ditampilkan pada lensa reflektor yang dipasang pada HUD, juga bisa ditampilkan pada plastik film yang menempel pada kaca, sehingga tidak mengganggu pemandangan pengemudi.


Selain itu, sistem navigasi juga dapat memberikan petunjuk suara melalui speaker smartphone atau stereo mobil selama mendukung akses Bluetooth.


Sebagai pendukung, sistem navigasi canggih ini bisa terhubung dengan sistem navigasi yang tersedia pada iPhone, perangkat Android, dan Windows Phone 8.


Tak hanya itu, perangkat HUD secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan untuk memastikan informasi yang diproyeksikan mudah dibaca, ketika pada pada siang maupun malam hari.


Inovasi yang dibawa perangkat ini dipuji Tim Edward, insinyur utama pada divisi teknologi transportasi masa depan di perusahaan riset industri motor, Mira.


"Pembuat mobil mulai melakukan hal ini, tapi tantangan mereka (produsen mobil) adalah siklus pengembangan," jelas Edward.


Ia mengatakan, perkembangan mobil dan ponsel pintar berbeda. Ponsel jauh lebih cepat berkembang dibandingkan mobil.


"Perubahan ponsel pintar hampir setiap hari terjadi, dan ada batas untuk seberapa cepat mobil dapat diperbaharui," imbuhnya.


Edward mengatakan, perangkat HUD sudah mulai jadi standar pada mobil kategori menengah dan tak lagi terbatas pada mobil kategori atas atau mewah.


Di samping itu, produsen mobil juga mendapat saingan serius dari vendor perangkat navigasi seperti Panasonic dan Garmin, yang sudah digunakan pada beberapa mobil.


Bahkan, produk besutan kedua perusahaan disebutkan mempunyai kualitas lebih baik sebagai asisten pengemudi dibanding perangkat yang diproduksi para pembuat mobil.


Meski begitu, Edward mengatakan, perangkat HUD secara prinsip memberikan manfaat lebih bagi pengemudi mobil dalam berkendara, lebih efektif daripada melihat instrumen pada dashborad. "Bisa lebih cepat dalam mengambil keputusan," tuturnya.


Perangkat HUD Garmin dibanderol US$130, setara Rp1,3 juta, dan tersedia mulai akhir musim panas nanti.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya